Deskripsi/Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi masih ada fenomena siswa yang memiliki efikasi diri yang rendah. Apabila permasalahan tersebut tidak segera ditangani maka akan menyebabkan fenomena yang sama akan terjadi terus menerus. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: 1) Efikasi diri siswa sebelum diberikan layanan informasi menggunakan media audio visual, 2) Efikasi diri siswa setelah diberikan layanan informasi menggunakan media audio visual, 3) Efektivitas layanan informasi menggunakan media audio visual untuk meningkatkan efikasi diri siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen melalui rancangan One Gruop Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII, MTS Negeri 3 Kerinci sebanyak 53 orang dengan sampel sebanyak 17 orang melalui teknik Purposive Sampling. Data mengenai efikasi diri siswa diperoleh melalui angket dengan menggunakan medel Skala Likert. Data kemudian dianalisis menggunakan skor ideal dan Uji Wilcoxon Singned Ranks Test dengan bantuan SPSS versi 16.0.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya efektivitas layanan informasi menggunakan media audio visual dapat dilihat dari 1) Gambaran efikasi diri siswa sebelum diberi perlaluan pada tahap Pretest rata-rata berada pada kategori rendah, 2) Gambaran efikasi diri siswa setelah diberi perlakuan pada tahap posttest rata-rata berada pada ketegori tinggi, dan 3) Terdapat perbedaan yang signifikan terhadap efikasi diri siswa setelah diberikan berupa layanan informasi menggunakan media audio visual dengan angket probabilitas Asymp. (2-tailed) sebesar 0,000.
Koleksi
Subject
Files
sari.pdf11.53 MB
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.