pemecahan masalah siswa dengan gaya kognitif Field Independent (FI) dan Field Dependent (FD, dan bagaimana kemampuan pemecahan masalah siswa dengan gaya kognitif Reflektif dan impulsif, materi yang digunakan pada penelitian ini yaitu Bentuk Aljabar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jenis penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Sungai Penuh tahun ajaran 2021/2022, sedangkan pengambilan sampel menggunkan teknik purposive sampling.Teknik analisis data menggunakan statistik deskkriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh simpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa dengan gaya kognitif Field Independent (FI) berada kualifikasi cukup, gaya kognitif Field Dependent berada pada kualifikasi cukup baik, gaya kognitif Reflektif berada pada kualifikasi cukup dan gaya kognitif Impulsif berada pada kualifikasi cukup.