Deskripsi/Abstract
Metode pemberian tugas belajar atau resitasi biasanya disebut dengan
metode pekerjaan rumah, yaitu metode memberikan pekerjaan rumah kepada
siswa dan harus mampu mempertanggungjawabkan tugas yang diberikan. Selain
itu, metode ini dapat memungkinkan siswa untuk membaca sendiri, mengerjakan
soal sendiri, mencoba dan mempelajari masalah sendiri, sehingga siswa dapat
lebih rajin belajar. Pemberian tugas atau pekerjaan rumah dilakukan oleh guru
karena pelajaran tidak sempat diberikan di kelas. Untuk menyelesaikan rencana
pengajaran yang telah ditetapkan sesuai dengan kurikulum yang berlaku, maka
siswa diberi tugas untuk mempelajari dengan diberi soal-soal yang harus
dikerjakan di luar jadwal pelajaran.
Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif dan
menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Adapun desain penelitian
yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Kualitatif Interaktif.
Pengumpulan data yang digunakan dalam skripsi ini adalah observasi, wawancara
dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan metode
resitasi pada pembelajaran pendidikan agama Islam bagi Anak Luar Biasa di SLB
N sungai penuh sangat efektif dalam tahap pembelajaran siswa. Karena dengan
adanya pemberian tugas, siswa lebih aktif lagi dalam belajar dan mampu
mempertanggungjawabkan tugas yang diberikan oleh guru. Terlebih lagi anak luar
biasa mempunyai keterbatasan yang berbeda-beda, jadi tugas yang diberikan
harus sesuai dengan kemampuan siswa. Pemberian tugas ini juga mendapat
dukungan penuh dari orang tua. Pemberian tugas terhadap siswa dengan
menggunakan bahasa isyarat atau mencatat tugas di papan tulis, agar siswa dapat
memahami tugas yang diberikan.
Koleksi
Subject
Files
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.