PENERAPAN KUNJUNGAN RUMAH OLEH GURU BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENGATASI PERILAKU MEMBOLOS SISWA DI SMA NEGERI 7 KERINCI

Submitted by admin on Thu, 12/28/2023 - 11:50
Deskripsi/Abstract

ABSTRAK RIRIN ANDARI. 2021. “Penerapan Kunjungan Rumah oleh Guru Bimbingan dan Konseling untuk Mengatasi Perilaku Membolos di SMA Negeri 7 Kerinci”. Skripsi Bimbingan dan Konseling Islam. Institut Agama Islam Negeri. Jurusan Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, Isntitut Agama Islam Negeri Kerinci. (I). Dr. Saaduddin, M.PdI. (II). Eko Sujadi, M. Pd, Kons. Kata Kunci: Kunjungan Rumah, Guru BK, Perilaku Membolos. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yaitu Terdapat beberapa siswa yang membolos dikarenakan terpengaruh oleh ajakan teman untuk membolos.Beberapa siswa bolos keluar dari sekolah dengan teman-teman yang lain ke warung kopi atau tempat lainnya, Beberapa siswa bolos keluar saat jam pelajaran berlangsung dan pergi ke kantin dan ada juga yang membuat alasan sakit lalu pergi ke UKS agar tidak belajar. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengugkapkan Penerapan Kunjungan Rumah oleh Guru Bimbingan dan Konseling Untuk Mengatasi Perilaku Membolos di SMA Negeri 7 Kerinci, Untuk mengugkapkan faktor pendukung dan penghambat dalam Penerapan Kunjungan Rumah oleh Guru Bimbingan dan Konseling Untuk Mengatasi Perilaku Membolos di SMA Negeri 7 Kerinci Penelitian ini adalah penelitian yang besifat kualitatif. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif adalah berupa penelitian dengan metode atau pendekatan studi kasus (case study). Teknik pengumpulan data dilakukann dengan proses observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data terdiri dari Reduksi Data, Data Display dan Verifikasi dan Penarikan Kesimpulan. Teknik Keabsahan Data menggunakan teknik triangulasi sumber (data) dan triangulasi metode untuk menguji keabsahan data yang berhubungan dengan masalah penelitian yang diteliti oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan kunjungan rumah oleh guru bimbingan dan konseling untuk mengatasi perilaku membolos di SMA Negeri 7 Kerinci yaitu: 1). Mengidentifikasi masalah dilakukan pada saat rapat pleno dengan melihat catatan harian perilaku siswa saat KBM kemudian dicari solusinya, 2). Mendata siswa yang bermasalah kemudian alamat tempat tinggal siswa untuk dilakukan Kunjungan Rumah, 3). Pembagian tugas guru dalam mengatasi masalah. 4). Prosedur kunjungan rumah meliputi beberapa langkah yaitu guru BK rapat menentukan hari kunjungan rumah dan menunjuk guru BK untuk melakukan kunjungan rumah. 5). Siswa yang melakukan pelanggaran dipanggil ke ruang BK untuk mengetahui alasan kenapa siswa melakukannya serta nantinya dapat ditindak lanjuti masalah tersebut lewat dilakukannya Kunjungan Rumah. Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor https://sman53jkt.sch.id/53/ https://pta-padang.go.id/po-includes/js/elid/?PTAP=Slot%20Gacor https://mi.pta-padang.go.id/sekuritas/?mitigasi=Mawartoto https://conceitho.com/pela/?sobre=Slot%20Gacor https://yjhallalathur.com/auditorium/?arapuzha=Slot%20Gacor https://www.lorencini.com.br/ole/ https://multcont.com/ https://ojs.uscnd.ac.id/ https://mail.pta-padang.go.id/public/ https://lpm.uscnd.ac.id/ https://yastisgl.or.id/?yasglid=Slot%20Gacor https://empower.vn247.org/newapp/Slot%20Gacor/ https://demo2.uscnd.ac.id/Slot%20Gacor/ https://smksriwijayawangon.sch.id/data/Slot%20Gacor/ Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777

Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis