Deskripsi/Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis fenomena dari alih
bahasa yang digunakan oleh dosen Bahasa Inggris di semester lima di Jurusan
Pendidikan Bahasa Inggris yang mana berfokus pada tipe dari alih kode, tipe yang
paling dominan digunakan dari code switching, fungsi dari code switching, dan
perbedaan code switching yang digunakan oleh dosen pria dan dosen wanita.
Untuk mendapatkan data peneliti menggunakan penelitian, wawancara, dan
dokumentasi. Analisis data mengunakan teori dari Miles dan Huberman (1994).
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian
ini menyatakan tipe dari code switching yang digunakan adalah tag switching dua
puluh dua kali, intra-sentential switching dua puluh kali dan inter-sentential
switching searatus delapan puluh empat kali. Tipe yang paling dominannya adalah
inter-sentential switching. Fungsi dari code switching-nya adalah topic switch
Sembilan puluh Sembilan kali, affective function lima puluh kali dan repetitive
function tiga puluh sebilan kali. Perbedaan dari code switching yang digunakan
oleh dosen pria dan wanita Bahasa Inggris adalah dosen wanita Bahasa Inggris
menggunakan tag switching dan inter-sentential switching lebih dari dosen pria
Bahasa Inggris. Selain itu, dosen pria Bahasa Inggris menggunakan intrasentential switching lebih dari dosen wanita Bahasa Inggris. Dosen wanita Bahasa
Inggris menggunakan topic switch dan repetitive function lebih dari dosen pria
Bahasa Inggris. Kemudian, dosen pria Bahasa Inggris menggunakan affective
function lebih dari dosen wanita Bahasa Inggris. Dan yang terakhir dosen pria
Bahasa Inggris berpendapat bahwa alih kode bukanlah sebuah kekurangan bagi
mahasiswa. Sebalaiknya, ini membantu bagi mahasiswa dan membuat mahasiswa
mengerti lebih baik tentang apa yang dimaksud oleh dosen. Dosen wanita Bahasa
Inggris berpendapat bahwa alih kode ada kekurangannya bagi mahasiswa jika kita
menggunakannya terlalu sering. Karena itu akan membuat Bahasa Inggris mereka
tidak lancar dan mereka akan kaku ketika menggunakan Bahasa Inggris secara
penuh. Oleh karena itu, penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan
bagi dosen Bahasa Inggris tentang jenis dan fungsi alih bahasa yang harus
digunakan ketika mereka mengajar dalam proses pembelajaran. Dianjurkan untuk
dosen Bahasa Inggris secara optimal dan lebih sadar dalam memilih bahasa yang
paling tepat untuk digunakan dalam menyampaikan materi kepada mahasiswa
Koleksi
Subject
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.