Deskripsi/Abstract
Menyadari pentingnya metode atau strategi dalam writing, ada sejumlah penelitian
yang dilakukan untuk mencari model mana yang merupakan strategi yang paling
efektif dalam melaksanakan tugas writing. Salah satu tahapan yang paling mendasar
dan penting dalam proses writing adalah tahap pre-writing. Terlepas dari jenis
pertanyaan esai, tahap pra-penulisan diakui efektifitasnya dalam menghasilkan esai
yang tertata dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi
persepsi siswa terhadap tahap pre-writing sebagai strategi dalam menulis esai.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dan
teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara dengan
wawancara mendalam dan dokumentasi. Para mahasiswa tersebut dipilih dari
semester enam di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci. Berdasarkan temuan
tersebut, dari segi persepsi mahasiswa, dapat disimpulkan bahwa siswa memiliki
sikap yang baik terhadap metode pre-writing karena membuat mereka lebih percaya
diri dalam menulis. Singkatnya, dosen harus memastikan bahwa mahasiswa
memahami pentingnya tahap pre-writing dan melibatkan mahasiswa dalam
kegiatan pre-writing yang bermanfaat, menyenangkan, hemat waktu, dan efektif
untuk meningkatkan keterampilan menulis mahasiswa
Koleksi
Subject
Files
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.