Menyadari pentingnya metode atau strategi dalam writing, ada sejumlah penelitian yang dilakukan untuk mencari model mana yang merupakan strategi yang paling efektif dalam melaksanakan tugas writing. Salah satu tahapan yang paling mendasar dan penting dalam proses writing adalah tahap pre-writing. Terlepas dari jenis pertanyaan esai, tahap pra-penulisan diakui efektifitasnya dalam menghasilkan esai yang tertata dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi persepsi siswa terhadap tahap pre-writing sebagai strategi dalam menulis esai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dan teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara dengan wawancara mendalam dan dokumentasi. Para mahasiswa tersebut dipilih dari semester enam di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci. Berdasarkan temuan tersebut, dari segi persepsi mahasiswa, dapat disimpulkan bahwa siswa memiliki sikap yang baik terhadap metode pre-writing karena membuat mereka lebih percaya diri dalam menulis. Singkatnya, dosen harus memastikan bahwa mahasiswa memahami pentingnya tahap pre-writing dan melibatkan mahasiswa dalam kegiatan pre-writing yang bermanfaat, menyenangkan, hemat waktu, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis mahasiswa
Deskripsi/Abstract
Koleksi
Subject
Files
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.