ABSTRAK Sri Maiyani : Persepsi dan Strategi Mahasiswa Dalam Menggunakan Media Sosial Untuk Belajar Bahasa Inggris Sebuah Penelitian di Jurusan Bahasa Inggris Institut Agama Islam Negeri Kerinci Tahun Pelajaran 2022/2023. Pembimbing : 1. Dr. Dairabi Kamil. M.Ed. 2. Okti Wilymafidini, S.S, M.Pd. Kata Kunci :Media Sosial, Pemebelajaran Bahasa Inggris, Persepsi Mahasiswa, Strategi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang strategi dalam menggunakan media sosial untuk pembelajaran bahasa Inggris oleh mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris Institut Agama Islam Negeri Kerinci. Penelitian ini menggunakan desain explanatory sequential mix method untuk mengetahui bagaimana media sosial digunakan untuk bahasa Inggris Akuisisi. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan survei terlebih dahulu, diikuti dengan wawancara semi terstruktur. 36 siswa berpartisipasi dalam kuesioner dan diwawancarai, dengan lima siswa sengaja dipilih di antara peserta yang memenuhi kriteria dengan menanggapi kuesioner. Statistik deskriptif digunakan untuk menilai hasil kuesioner, dan analisis data oleh Miles & Huberman (1994) digunakan untuk menguji informasi dari wawancara. Hasil temuan menunjukkan ada dua jenis media sosial yang digunakan siswa yaitu situs jejaring sosial dan dunia game virtual dan ditemukan jenis aplikasi media sosial yang mereka gunakan, mayoritas siswa menggunakan Youtube, Instagram dan Whatsapp sebagai media pembelajaran. Siswa menunjukkan sikap positif terhadap media sosial sebagai alat pembelajaran bahasa Inggris. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi siswa dalam menggunakan media sosial untuk belajar bahasa Inggris seperti menonton film atau video bahasa Inggris, belajar melalui postingan Instagram, mendengarkan percakapan dan terlibat dalam liputan ketika belajar bahasa Inggris di media sosial. Media sosial menawarkan banyak keuntungan yang mengganggu siswa dalam belajar bahasa Inggris seperti membuat belajar menjadi lebih mudah, menyediakan banyak materi dan membuka peluang pertukaran bahasa dengan penutur asli dan pelajar lain dari vii seluruh dunia. Namun, ada berbagai tantangan yang dapat menghalangi siswa dari menggunakan media sosial untuk belajar seperti masalah jaringan dan gangguan dari hal-hal lain di dalamnya. Media sosial dan strategi pembelajaran memainkan peran penting untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris mereka.
Deskripsi/Abstract
Koleksi
Subject
Files
thesis Sri Maiyani (2).pdf6.88 MB
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.