Deskripsi/Abstract
ABSTRAK
Sri Maiyani : Persepsi dan Strategi Mahasiswa Dalam
Menggunakan Media Sosial Untuk Belajar
Bahasa Inggris Sebuah Penelitian di Jurusan
Bahasa Inggris Institut Agama Islam Negeri
Kerinci Tahun Pelajaran 2022/2023.
Pembimbing : 1. Dr. Dairabi Kamil. M.Ed.
2. Okti Wilymafidini, S.S, M.Pd.
Kata Kunci :Media Sosial, Pemebelajaran Bahasa
Inggris, Persepsi Mahasiswa, Strategi
pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang strategi dalam
menggunakan media sosial untuk pembelajaran bahasa Inggris oleh mahasiswa
Jurusan Bahasa Inggris Institut Agama Islam Negeri Kerinci. Penelitian ini
menggunakan desain explanatory sequential mix method untuk mengetahui
bagaimana media sosial digunakan untuk bahasa Inggris Akuisisi. Untuk
mengumpulkan data, peneliti menggunakan survei terlebih dahulu, diikuti dengan
wawancara semi terstruktur. 36 siswa berpartisipasi dalam kuesioner dan
diwawancarai, dengan lima siswa sengaja dipilih di antara peserta yang memenuhi
kriteria dengan menanggapi kuesioner. Statistik deskriptif digunakan untuk menilai
hasil kuesioner, dan analisis data oleh Miles & Huberman (1994) digunakan untuk
menguji informasi dari wawancara. Hasil temuan menunjukkan ada dua jenis media
sosial yang digunakan siswa yaitu situs jejaring sosial dan dunia game virtual dan
ditemukan jenis aplikasi media sosial yang mereka gunakan, mayoritas siswa
menggunakan Youtube, Instagram dan Whatsapp sebagai media pembelajaran. Siswa
menunjukkan sikap positif terhadap media sosial sebagai alat pembelajaran bahasa
Inggris. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi siswa dalam
menggunakan media sosial untuk belajar bahasa Inggris seperti menonton film atau
video bahasa Inggris, belajar melalui postingan Instagram, mendengarkan percakapan
dan terlibat dalam liputan ketika belajar bahasa Inggris di media sosial. Media sosial
menawarkan banyak keuntungan yang mengganggu siswa dalam belajar bahasa
Inggris seperti membuat belajar menjadi lebih mudah, menyediakan banyak materi
dan membuka peluang pertukaran bahasa dengan penutur asli dan pelajar lain dari
vii
seluruh dunia. Namun, ada berbagai tantangan yang dapat menghalangi siswa dari
menggunakan media sosial untuk belajar seperti masalah jaringan dan gangguan dari
hal-hal lain di dalamnya. Media sosial dan strategi pembelajaran memainkan peran
penting untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris mereka.
Koleksi
Subject
Files
thesis Sri Maiyani (2).pdf6.88 MB
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.