Deskripsi/Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara gaya
belajar dan motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris dengan penguasaan kosa
kata mereka pada semester ketiga Program Pendidikan Bahasa Inggris Institut
Agama Islam Negeri Kerinci tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah
kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 3 Bahasa
Inggris IAIN Kerinci. Sampel dalam penelitian ini adalah 32 siswa yang
ditentukan dengan teknik total sampling. Data gaya belajar dikumpulkan dengan
angket dalam skala Gutman, dan motivasi dengan skala Likert, dan kosa kata
dengan tes. Data dianalisis dengan menggunakan SPSS 26 dengan Uji Korelasi
Spearman dan Regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Jenis gaya belajar
yang dominan adalah gaya belajar Visual Auditory Kinestetic (VAK) yang
digunakan oleh 86,25% mahasiswa semester tiga Program Pendidikan Bahasa
Inggris IAIN Kerinci; 2) Motivasi belajar mahasiswa semester tiga sebesar 72.73
termasuk dalam kriteria tinggi; 3) Siswa memiliki penguasaan kosa kata sangat
baik, dibuktikan dengan nilai rata-rata penguasaan kosa kata 80 termasuk dalam
kualitas penilaian sangat baik dengan kriteria A; 4) Terdapat korelasi yang tinggi
antara gaya belajar siswa terhadap penguasaan kosa kata siswa, dibuktikan dengan
nilai sig. (2-tailed) X1 adalah 0,029 < 0,05. Koefisien korelasi adalah 0.687.5; 5)
Terdapat hubungan yang sangat tinggi antara gaya belajar siswa dengan
penguasaan kosa kata siswa dibuktikan dengan nilai sig. (2-tailed) X2 adalah
0,045 < 0,05. Korelasinya adalah 0,864. Selanjutnya, 6) Ada korelasi yang tinggi
antara motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris dengan penguasaan kosa kata
siswa pada semester ketiga Program Pendidikan Bahasa Inggris Institut Agama
Islam Negeri Kerinci Tahun Pelajaran 2022/2023, dibuktikan dengan nilai sig. (2-
tailed) X3 adalah 0,029 < 0,05. artinya jika gaya belajar yang dipilih dengan tepat
pada semester ketiga IAIN Kerinci tahun ajaran 2022/2023 Program Pendidikan
Bahasa Inggris akan meningkatkan penguasaan kosakata siswa sebesar 0,687
Koleksi
Subject
Files
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.