ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL INDUKSI MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN E-LEARNING

Submitted by admin on Mon, 01/31/2022 - 08:46
Deskripsi/Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penerapan pembelajaran e-learning pada materi induksi matematika kelas XI MIPA I SMA Negeri 3 Sungai Penuh (2) kesulitan dalam menyelesaikan soal induksi matematika pada pembelajaran e-learning(3) penyebab kesalahan yang dilakukan mahasiswa dalam menyelesaikan soal induksimatematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif. Subjekpenelitian meliputi siswa kelas XI MIPA I SMANegeri 3 Sungai Penuh yang diduga mengalami kesulitan belajar. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara dan soal tesmateri Induksi Matematika. Hasil penelitian menunjukan bahwa: kesulitan yang dialami siswa dalam mengerjakan soalInduksi Matematika antara lain kesalahan pemahaman konsep dan kesalahanprosedur aturan Induksi Matematika. Faktor-faktor penyebab kesalahansiswa antara lain: kurangnya penguasaan konsep Induksi Matematika, kurangnya interaksi antara guru dan siswa pada pembelajaran e-learning mengakibatkan siswa kurang memahami materi, kurang teliti dalam melakukan operasihitung dan tergesa-gesa dalam mengerjakan soal sehingga menimbulkan kesalahan.
Koleksi
Subject
Files
QR code for this page URL
Waktu Publikasi