IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SMP NEGERI 37 SATU ATAP DESA PAUH TINGGI KECAMATAN GUNUNG TUJUH

Submitted by admin on Thu, 04/25/2024 - 11:39
Deskripsi/Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pelaksanaan kebijakan SMP satu atap, (2) hambatan dalam pelaksanaan kebijakan SMP satu atap, dan (3) strategi untuk mengatasi hambatan dalam pelaksanaan kebijkan SMP satu atap di Desa Pauh Tinggi Kecamatan Gunung Tujuh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru, pegawai tata usaha, komite sekolah, dan siswa. Lokasi penelitian di sekolah satu atap di Desa Pauh Tinggi Kecamatan Gunung Tujuh Kabupaten Kerinci. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dengan ketekunan pengamatan, triangulasi sumber, dan metode. Analisis data menggunakan model analisis kualitatif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Kebijakan Smp Negeri 37 Satu Atap Pauh Tinggi diselenggarakan sejak tahun 2005 dan telah berjalan sesuai dengan tujuan pendiriannya. Hal ini dapat dilihat dari beberapa indikator diantaranya yaitu standar dan tujuan kebijakan yang telah tercapai, sumberdaya yang ada mendukung, komunikasi berjalan dengan lancar, interorganisasi dan aktifitas pengukuhan berjalan dengan baik, karakteristik agen pelaksana yang mendukung, serta kondisi sosial ekonomi dan politik yang kondusif dan mendukung pelaksanaan sekolah satu atap. (2) Faktor penghambat dalam pelaksanaan Smp Negeri 37 Satu Atap Pauh Tinggi yaitu: sarana dan prasarana yang belum memadai, jumlah tenaga pendidik dan kependidikan yang belum memadai, motivasi sebagian masyarakat untuk menyekolahkan anaknya masih rendah, dan kondisi geografis. (3) Strategi mengatasi hambatan dalam pelaksanaan Smp Negeri 37 Satu Atap Pauh Tinggi yaitu: pemenuhan sarana dan prasarana sekolah melalui dana Biaya Operasional Sekolah (BOS) dan mengajukan permohonan bantuan dana ke Dinas Pendidikan Kabupaten Kerinci, memberdayakan guru-guru, memberikan motivasi serta sosialisasi kepada masyarakat, dan pengaturan jadwal sekolah.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis