Deskripsi/Abstract
Dalam kegiatan belajar mengajar, motivasi sangat diperlukan sebagai daya
penggerak dari dalam diri siswa untuk mengikuti pembelajaran. Namun, motivasi
tidak timbul begitu saja, harus ada yang dibutuhkan oleh guru untuk
menggerakkan motivasi tersebut. Salah satunya adalah dengan menerapkan model
pembelajaran blended learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1)
motivasi belajar PAI siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran blended
learning di kelas X IPS SMA Negeri 5 Sungai Penuh; (2) motivasi belajar PAI
siswa yang menggunakan model pembelajaran blended learning di kelas X IPS
SMA Negeri 5 Sungai Penuh; (3) pengaruh penerapan model pembelajaran
Blended Learning terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI di
Kelas X IPS SMA Negeri 5 Sungai Penuh. Pada penelitian ini, penulis melakukan
penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen Bentuk
desain penelitian yang dipilih adalah Post-test Only Control Group Design.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri 5
Sungai Penuh dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Instrumen dalam penelitian ini
adalah angket motivasi pembelajaran dan pembelajaran blended learning. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa (1) Motivasi belajar PAI siswa yang tidak
menggunakan model pembelajaran blended learning di kelas X IPS SMA Negeri 5
Sungai Penuh dari 22 orang siswa diperoleh 5 orang motivasi belajar dengan
kategori rendah, 15 orang motivasi belajar dengan kategori sedang dan 2 orang
motivasi belajar dengan kategori tinggi; (2) Motivasi belajar PAI siswa yang
menggunakan model pembelajaran blended learning di kelas X IPS SMA Negen 5
Sungai Penuh dari 20 orang siswa diperoleh 2 orang motivasi belajar dengan
kategori rendah, 10 orang motivasi belajar dengan kategori sedang dan 8 orang
motivasi belajar dengan kategori tinggi: (3) Dari hasil uji hipotesis diperoleh
sig.adalah 0,000<0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha ditolak dan Hi
diterimayang artinya Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Blended
Learning terhadap motivasi belajar siswa
Koleksi
Subject
Files
SKRIPSI NERA AULIA .pdf2.06 MB
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.