PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI di KELAS X IPS SMA NEGERI 5 SUNGAI PENUH

Submitted by admin on Tue, 03/26/2024 - 10:08
Deskripsi/Abstract
Dalam kegiatan belajar mengajar, motivasi sangat diperlukan sebagai daya penggerak dari dalam diri siswa untuk mengikuti pembelajaran. Namun, motivasi tidak timbul begitu saja, harus ada yang dibutuhkan oleh guru untuk menggerakkan motivasi tersebut. Salah satunya adalah dengan menerapkan model pembelajaran blended learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) motivasi belajar PAI siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran blended learning di kelas X IPS SMA Negeri 5 Sungai Penuh; (2) motivasi belajar PAI siswa yang menggunakan model pembelajaran blended learning di kelas X IPS SMA Negeri 5 Sungai Penuh; (3) pengaruh penerapan model pembelajaran Blended Learning terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI di Kelas X IPS SMA Negeri 5 Sungai Penuh. Pada penelitian ini, penulis melakukan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen Bentuk desain penelitian yang dipilih adalah Post-test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri 5 Sungai Penuh dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket motivasi pembelajaran dan pembelajaran blended learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Motivasi belajar PAI siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran blended learning di kelas X IPS SMA Negeri 5 Sungai Penuh dari 22 orang siswa diperoleh 5 orang motivasi belajar dengan kategori rendah, 15 orang motivasi belajar dengan kategori sedang dan 2 orang motivasi belajar dengan kategori tinggi; (2) Motivasi belajar PAI siswa yang menggunakan model pembelajaran blended learning di kelas X IPS SMA Negen 5 Sungai Penuh dari 20 orang siswa diperoleh 2 orang motivasi belajar dengan kategori rendah, 10 orang motivasi belajar dengan kategori sedang dan 8 orang motivasi belajar dengan kategori tinggi: (3) Dari hasil uji hipotesis diperoleh sig.adalah 0,000<0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha ditolak dan Hi diterimayang artinya Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Blended Learning terhadap motivasi belajar siswa
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis