OPTIMISME SISWA DISABILITAS UNTUK MERAIH KESUKSESAN KARIR (STUDI KASUS PADA SISWA/I SLB KOTA SUNGAI PENUH)

Submitted by admin on Mon, 03/04/2024 - 11:20
Deskripsi/Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena siswa/i disabilitas yang sedang melakukan proses pendidikannya sebagai siswa/i dapat diketahui betapa menderita dan rentannya subjek mengalami stress dan depresi apabila mereka tidak mampu mengelola emosi karena berbagai tugas dan tuntutan yang ada serta kemampuannya dalam menyeimbangkan dan menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya sebagai siswa/i tanpa melihat kekurangan pada segi fisiknya. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui 1) Optimisme pada Siswa/i Disabilitas dalam Menempuh Proses Pendidikan di SLB Kota Sungai Penuh, 2) Faktor- yang Mempengaruhi Optimisme Pada Siswa/i Disabilitas SLB Kota Sungai Penuh. Dan 3) hubungan Optimisme terhadap Kesuksesan Karir Siswa/i Disabilitas SLB Kota Sungai Penuh. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan naratif. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini, yaitu 1 orang kepala sekolah, 1 orang pengajar/guru dan 5 orang siswa/i yang mengalami disabilitas (tuna rungu). Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa sikap optimis siswa/i Sekolah luar Biasa (SLB) Kota Sungai Penuh sangat tinggi. Hal ini berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan kepala sekolah, guru dans siswa. Tingkat Optimis yang tinggi juga dipengaruhi oleh 3 faktor penting yaitu Dukungan Sosial, pengalaman dan Nilai Religus. Ketiga faktor tersebut saling berkaitan dalam meningkatkan sikap optimis para siswa/i SLB Kota Sungai Penuh. Dengan dukungan sosial dari guru dan keluarga akan menjaga optimisme siswa dalam meraih kesuksesan di masa depan. Peran yang berkesinambungan akan membangun kepercayaan diri mereka secara berkelanjutan sehingga mampu mencapai hasil yang mereka inginkan.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis