Deskripsi/Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena siswa/i disabilitas yang
sedang melakukan proses pendidikannya sebagai siswa/i dapat diketahui betapa
menderita dan rentannya subjek mengalami stress dan depresi apabila mereka
tidak mampu mengelola emosi karena berbagai tugas dan tuntutan yang ada serta
kemampuannya dalam menyeimbangkan dan menyelesaikan tugas dan tanggung
jawabnya sebagai siswa/i tanpa melihat kekurangan pada segi fisiknya. Penelitian
ini bertujuan untuk Mengetahui 1) Optimisme pada Siswa/i Disabilitas dalam
Menempuh Proses Pendidikan di SLB Kota Sungai Penuh, 2) Faktor- yang
Mempengaruhi Optimisme Pada Siswa/i Disabilitas SLB Kota Sungai Penuh. Dan
3) hubungan Optimisme terhadap Kesuksesan Karir Siswa/i Disabilitas SLB Kota
Sungai Penuh.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan
naratif. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini, yaitu 1 orang kepala
sekolah, 1 orang pengajar/guru dan 5 orang siswa/i yang mengalami disabilitas
(tuna rungu). Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu
Observasi, Wawancara dan Dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa sikap optimis siswa/i Sekolah luar
Biasa (SLB) Kota Sungai Penuh sangat tinggi. Hal ini berdasarkan hasil observasi
dan wawancara dengan kepala sekolah, guru dans siswa. Tingkat Optimis yang
tinggi juga dipengaruhi oleh 3 faktor penting yaitu Dukungan Sosial, pengalaman
dan Nilai Religus. Ketiga faktor tersebut saling berkaitan dalam meningkatkan
sikap optimis para siswa/i SLB Kota Sungai Penuh. Dengan dukungan sosial dari
guru dan keluarga akan menjaga optimisme siswa dalam meraih kesuksesan di
masa depan. Peran yang berkesinambungan akan membangun kepercayaan diri
mereka secara berkelanjutan sehingga mampu mencapai hasil yang mereka
inginkan.
Koleksi
Subject
Files
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.