Kemampuan penalaran matematis siswa dalam mata pelajaran matematika masih rendah serta prosedur pembelajaran yang masih monoton. Kemampuan penalaran matematis siswa dalam pembelajaran dominan disebabkan juga oleh belum maksimalnya upaya untuk meningkatkan kualitas proses belajar. Hal ini dapat dilihat dari segi penerapan model, strategi pembelajaran, pendekatan, serta evaluasi prosedur pembeajaran.Dari permasalahan tersebut maka salah satu upaya untuk memperbaiki proses pembelajaran matematika adalah dengan menerapkan model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis siswa dengan menerapkan Model Pembelaran Argument Driven Inquiry. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “adanya peningkatan kemampuan penalaran matematis dengan model pembelajaran Argument Driven Inquiry”. Penelitian ini dilaksanakan dikelas VIII SMP Atthayyibah tahun ajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Atthayyibah sebanyak 77 orang siswa. Untuk sampel penelitian ini adalah satu kelas, sampel diperoleh dengan melakukan uji normalitas, homogenitas selanjutnya dengan melakukan uji N-Gain. Rata-rata dan nilai tes awal (pretest) kemampuan penalaran matematis adalah 4,12 dan nilai tes akhir (postest) kemampuan penalaran matematis adalah 7,75 dan. Dalam analisis data untuk menguji hipotesis, peneliti akan membandingkan skor rata-rata siswa sebelum (pretest) dan sesudah (postest), hasil perhitungan uji N-Gain yaitu 0,33 maka Interperensi sedang.