Penelitian ini ditujukan untuk mengukur pengaruh metodeoutdoor learning dalam pengajaran teks deskriptif terhadap keterampilan menulis siswa kelas 1 smpn 4 sungai penuh. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen-semu. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas satudari SMPN 4 Sungai Penuh yang terdiri dari empat kelas, jumlah keseluruhan adalah 105 siswa. Kemudian peneliti memlih kelas VIIA sebagai kelas kontrol dan VIIB sebagai kelas eksperimen yang keduanya sebagai sampel dengan menggunakan teknik sample acak Clustering. Peneliti menggunakan T-test untuk menganalisa data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan dalam penggunaan metode outdoor learning dalam pengajaran teks deskriptif terhadap keterampilan menulis siswa. Peneliti menggunakan rater ketiga untuk menghitung t-test. Setelah melakukan t-test menggunakan Mann Whitney U test, ditemukan bahwa Asymph.Sig(2-tailed) sebesar 0,039 berarti 0,039 besar dari 0,05 atau 0,039<0,05. Dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Maka dapat diseimpulkan bahwa terdapat mengaruh signifikan penggunaan metode outdoor learning dalam pengajaran teks deskriptif terhadap keterampilan menulis siswa.
Deskripsi/Abstract
Koleksi
Subject
Files
Skripsi Wm.pdf4.81 MB
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.