Deskripsi/Abstract
Latar belakang masalah berdasarkan observasi awal peneliti di SMP Negeri
5 Sungai Penuh, peneliti mengamati adanya peserta didik yang kurang disiplin dan
tidak memakai seragam rapi ketika mengikuti upacara bendera, berperilaku kurang
sopan ketika guru sedang mengajar, berkata kasar, bahkan terdapat peserta
didik yang keluar kelas dan meninggalkan pelajaran ketika guru sedang
menasehatinya, dan lain sebagainya.
Rumusan masalah dalam penelitian Bagaimana desain pembelajaran PAI
dalam meningkatkan moral siswa di SMP Negeri 5 Sungai Penuh, serta faktor
pendukung desain pembelajaran PAI dalam meningkatkan moral siswa di SMP
Negeri 5 Sungai Penuh dan faktor penghambat desain pembelajaran PAI dalam
meningkatkan moral siswa di SMP Negeri 5 Sungai Penuh.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mana penelitian ini,
berupa menarik faktor-faktor serta informasi dari data lapangan yang berupa
uraian-uraian dari responden. Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian
yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, dimana
peneliti adalah sebagai instrument kunci, teknik pengumpulan data dilakukan
secara gabungan, analisis data bersifat induktif, dan hasil penelitian kualitatif
lebih menekankan makna daripada generalisasi (Sugiono,2014:1).
Desain pembelajaran PAI dalam meningkatkan moral siswa di SMP Negeri
5 Sungai Penuh meliputi penetapan tujuan pembelajaran yang disesuaikan dengan
karakteristik materi ajar dan kebutuhan belajar peserta didik, pengembangan materi
pembelajaran baik dalam bentuk buku ajar, yang dapat memancing minat dan gairah
anak didik untuk belajar penetapan strategi dan metode pembelajaran yang
memungkinkan dan memberi peluang lebih besar kepada anak didik untuk belajar
secara aktif, serta pengevaluasian proses hasil belajar pembelajaran Pendidikan
agama islam dalam meningkat moral peserta didik dinyatakan bahwa pembelajaran
terhadap anak didik bisa dilakukan dengan beraneka ragam metode, bisa dengan
melakukan percakapan, pemberian kisah dan contoh yang terdapat dalam Qur’ani dan
Nabawi, bisa juga dengan pemberian teladan dan pembiasaan diri dari pengalaman.
Faktor pendukung desain pembelajaran PAI dalam meningkatkan moral siswa di
SMP Negeri 5 Sungai Penuh Profesional guru,motivasi dan dukungan dari keluarga,
komitmen bersama. Faktor penghambat desain pembelajaran PAI dalam
meningkatkan moral siswa di SMP Negeri 5 Sungai Penuh adalah meliputi, kurang
mengaktifkan siswa dalam proses belajar mengajar, kurang memvariasi
pengelolaan kelas, kurang meningkatkan interaksi belajar.
Koleksi
Subject
Files
SKRIPSI BOBI SAPUTRA.pdf1.53 MB
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.