Latar belakang masalah berdasarkan observasi awal peneliti di SMP Negeri 5 Sungai Penuh, peneliti mengamati adanya peserta didik yang kurang disiplin dan tidak memakai seragam rapi ketika mengikuti upacara bendera, berperilaku kurang sopan ketika guru sedang mengajar, berkata kasar, bahkan terdapat peserta didik yang keluar kelas dan meninggalkan pelajaran ketika guru sedang menasehatinya, dan lain sebagainya. Rumusan masalah dalam penelitian Bagaimana desain pembelajaran PAI dalam meningkatkan moral siswa di SMP Negeri 5 Sungai Penuh, serta faktor pendukung desain pembelajaran PAI dalam meningkatkan moral siswa di SMP Negeri 5 Sungai Penuh dan faktor penghambat desain pembelajaran PAI dalam meningkatkan moral siswa di SMP Negeri 5 Sungai Penuh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mana penelitian ini, berupa menarik faktor-faktor serta informasi dari data lapangan yang berupa uraian-uraian dari responden. Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara gabungan, analisis data bersifat induktif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna daripada generalisasi (Sugiono,2014:1). Desain pembelajaran PAI dalam meningkatkan moral siswa di SMP Negeri 5 Sungai Penuh meliputi penetapan tujuan pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik materi ajar dan kebutuhan belajar peserta didik, pengembangan materi pembelajaran baik dalam bentuk buku ajar, yang dapat memancing minat dan gairah anak didik untuk belajar penetapan strategi dan metode pembelajaran yang memungkinkan dan memberi peluang lebih besar kepada anak didik untuk belajar secara aktif, serta pengevaluasian proses hasil belajar pembelajaran Pendidikan agama islam dalam meningkat moral peserta didik dinyatakan bahwa pembelajaran terhadap anak didik bisa dilakukan dengan beraneka ragam metode, bisa dengan melakukan percakapan, pemberian kisah dan contoh yang terdapat dalam Qur’ani dan Nabawi, bisa juga dengan pemberian teladan dan pembiasaan diri dari pengalaman. Faktor pendukung desain pembelajaran PAI dalam meningkatkan moral siswa di SMP Negeri 5 Sungai Penuh Profesional guru,motivasi dan dukungan dari keluarga, komitmen bersama. Faktor penghambat desain pembelajaran PAI dalam meningkatkan moral siswa di SMP Negeri 5 Sungai Penuh adalah meliputi, kurang mengaktifkan siswa dalam proses belajar mengajar, kurang memvariasi pengelolaan kelas, kurang meningkatkan interaksi belajar.