Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan Mobile Instant Messaging (MIM) pada pembelajaran materi Hukum Newton terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi. MIM berupa aplikasi WhatsApp digunakan sebagai media dalam pembelajaran kolaboratif (gabungan tatap muka di kelas dengan aktivitas online). Metode penelitian menggunakan pre experimental design dengan desain one group pretest posttest. Penelitian ini dilakukan di SMA Islam Kebumen Tanggamus pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Populasinya yaitu seluruh kelas X MIA yang berjumlah 91 peserta didik. Sampel penelitian yang digunakan adalah kelas X MIA 1 dan kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 53 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan nilai n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan MIM berupa WhatsApp pada pembelajaran materi Hukum Newton berpengaruh terhadap kemampuan berpikir tinggi yang dilihat dari hasil perhitungan nilai n-gain. Nilai n-gain tertinggi pada indikator C4 sebesar 0,69 sedangkan indikator C5 sebesar 0,32 dan indikator C6 sebesar 0,36 dengan rata-rata nilai n-gain total sebesar 0,41 yang termasuk dalam kategori sedang.