Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya pemahaman siswa pada proses pembelajaran, dari hasil ujian Mid semester, terlihat masih banyak siswa yang belum mencapai nilai KKM. Penggunaan model pembelajaran yang tepat dapat menghasilkan pemahaman siswa yang berbeda. Berdasarkan pemasalahan tersebut, maka peneliti menerapkan model Cooperative Leaning Metode Student Team Achievement Divisions (STAD) dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di MTsS Kayu Aro Lindung Jaya. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus pertama terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus kedua terdiri 1 kali pertemuan. Pelaksanaan penelitian dengan menggunakan Model Cooperative Learning Metode Student Team Achievement Divisions (STAD) pada mata pelajaran Fiqih meliputi: Perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Landasan teorinya dimanfaatkan sebagai pemandu agar fokus penelitian ini sesuai dengan fakta yang ada dilapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahawa Penerapan Model Cooperative Learning Metode Student Team Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Fiqih, karena setelah dilaksanakannya tindakan, terlihat ada peningkatan hasil belajar siswa dari pra tindakan sampai pada setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I dan siklus II.