Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kedisiplinan Peserta didik di lingkungan sekolah yang dapa dilihat dari kurangnya ketepatan waktu para peserta didik saat hadir disekolah, ketidak kejujuran siswa dalam pembuatan tugas yang diberikan guru, maksud dari penelitia ini adalah untuk melihat pengaruh kedisiplinan dan akhlak peserta didik . Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kedisiplinan siswa terhadap akhlak peserta didik di SMAN 3 Kota Sungai Penuh. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kuantitatif. Penelitian ini dipilih karena Angket menggambarkan hasil penelitian yang lebih rinci dan mendalam sesuai dengan peristiwa yang terjadi dilapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan Angket (Kuesioner) dan setelah itu dilengkapi dengan dokumentasi. Sedangkan keabsahan data dilakukan dengan mengguakan program SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh kedisiplinan terhadap akhlak siswa dilihat dari hasil uji-t yang menunjukkan nilai t-hitung sebesar 2.959 > 1.049 sehingga hipotesis Ho di tolak dan hipotesis Ha diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh kedisiplinan terhadap akhlak siswa di SMAN 3 Kota Sungi Penuh. Besarnya pengaruh variabel tersebut adalah sebesar 10.49% sedangkan sisanya sebesar 89.51% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitan ini. Kata Kunci: Kedisiplinan, Akhlak, Siswa