Deskripsi/Abstract
Kurikulum Merdeka diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang menetapkan
bahwasannya terdapat beberapa hal yang harus disusun sebelum pembelajaran setelah itu
melaksanakan pembelajaran kurikulum merdeka melaksanakan dengan diferensiasi
pembelajaran serta asesmen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapan guru
Biologi mengimplementasikan Asesmen Autentik dalam Kurikulum Merdeka Belajar di
SMAN 3 Sungai Penuh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara, teknik observasi dilakukan dengan
mengamati pelaksanaan pembelajaran, serta teknik dokumentasi berupa modul ajar dan
asesmen yang digunakan guru biologi kelas X. Teknik analisis data yang digunakan adalah
teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru Biologi sudah
mengetahui tentang penilaian autentik yaitu penilaian nyata dan menyeluruh terhadap aspek
sikap, pengetahuan, dan keterampilan untuk mengetahui perkembangan dan pencapaian siswa
menggunakan berbagai teknik penilaian. Langkah-langkah yang digunakan dalam penilaian
autentik diantaranya, perencanaan, pelaksanaan, analisis atau pengolahan nilai, pelaporan, dan
hasil penilaian. Faktor kendala penilaian autentik di SMAN 3 Sungai Penuh meliputi
kurangnya sosialisasi, alokasi waktu, dan kurangnya pengetahuan orang tua siswa. Sedangkan
Solusi dalam pelaksanaan penilaian autentik di SMAN 3 Sungai Penuh meliputi fasilitas
sekolah, buku guru biologi sebagai pedoman, diskusi antar Guru Biologi, pelatihan, dan pola
kepemimpinan kepala sekolah.
Koleksi
Subject
Files
SKRIPSI ULFA_merged.pdf3.49 MB
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.