ANALISIS KESIAPAN GURU BIOLOGI MENGIMPLEMENTASIKAN ASESMEN AUTENTIK DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMA NEGERI 3 SUNGAI PENUH

Submitted by admin on Thu, 04/25/2024 - 10:52
Deskripsi/Abstract
Kurikulum Merdeka diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang menetapkan bahwasannya terdapat beberapa hal yang harus disusun sebelum pembelajaran setelah itu melaksanakan pembelajaran kurikulum merdeka melaksanakan dengan diferensiasi pembelajaran serta asesmen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapan guru Biologi mengimplementasikan Asesmen Autentik dalam Kurikulum Merdeka Belajar di SMAN 3 Sungai Penuh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara, teknik observasi dilakukan dengan mengamati pelaksanaan pembelajaran, serta teknik dokumentasi berupa modul ajar dan asesmen yang digunakan guru biologi kelas X. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru Biologi sudah mengetahui tentang penilaian autentik yaitu penilaian nyata dan menyeluruh terhadap aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan untuk mengetahui perkembangan dan pencapaian siswa menggunakan berbagai teknik penilaian. Langkah-langkah yang digunakan dalam penilaian autentik diantaranya, perencanaan, pelaksanaan, analisis atau pengolahan nilai, pelaporan, dan hasil penilaian. Faktor kendala penilaian autentik di SMAN 3 Sungai Penuh meliputi kurangnya sosialisasi, alokasi waktu, dan kurangnya pengetahuan orang tua siswa. Sedangkan Solusi dalam pelaksanaan penilaian autentik di SMAN 3 Sungai Penuh meliputi fasilitas sekolah, buku guru biologi sebagai pedoman, diskusi antar Guru Biologi, pelatihan, dan pola kepemimpinan kepala sekolah.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis