Merdeka Belajar adalah kebijakan pendidikan yang memberikan kebebasan dan fleksibilitas kepada guru dan peserta didik dalam menentukan jalannya belajar. Tujuan dari penulisan ini untuk mengetahui bagaimana penerapan merdeka belajar dalam meningkatkan kreativitas peserta didik di SMA Negeri 3 Sungai Penuh. Penelitian ini menggunakan pendeketakan kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu para guru dan siswa SMA Negeri 3 Sungai Penuh. Teknik pengumpulan data penelitian ini ialah menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan merdeka belajar dalam meningkatkan kreativitas peserta didik di SMA Negeri 3 Sungai Penuh diawali dengan menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, melibatkan siswa dalam menentukan tujuan belajar, menumbuhkan rasa ingin tahu dan eksplorasi, mengembangkan kemampuan mandiri, mendorong kolaborasi dan inovasi, mengurangi tekanan dan kebosanan, dan menumbuhkan kepercayaan diri. Dengan memberikan kebebasan dan fleksibilitas dalam menentukan jalannya belajar, penerapan Merdeka Belajar dapat membantu meningkatkan kreativitas peserta didik.