Deskripsi/Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan jenis-jenis kesalahan siswa dan
faktor-faktor yang menyebebkan kesalahan siswa kelas VIIB SMP N 11 Sungai
Penuh dalam menyelesaikan soal matematika materi bentuk aljabar berdasarkan
prosedur Newman.
Metode penelitian ini adalah kualitatif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan
menggunakan metode angket gaya belajar, soal tes, dan wawancara. Subjek
penelitian ini yaitu siswa kelas VIIB SMP N 11 Sungai Penuh yang memiliki gaya
belajar Auditori 7 orang dan Visual 8 orang.
Hasil penelitian ini menunjukkan siswa yang memiliki gaya belajar Auditori
melakukan kesalahan, memproses, dan membuat jawaban akhir. Siswa dengan gaya
belajar Visual melakukan kesalahan transformasion, memproses dan membuat
jawaban akhir. Kesalahan transformasion disebabkan karena siswa kurang menguasai
materi aljabar dan siswa kurang teliti dalam membuat model matematika yang akan
digukan, ketrampilan proses disebabkan karena siswa kurang teliti dalam melakukan
operasi aljabar dan kurang menguasai materi, kesalahan penulisan jawaban
disebabkan karena siswa tidak mengecek kembali jawaban yang ditulis dan siswa
ingin menyingkat waktu pengerjaanya
Koleksi
Subject
Files
SONIA (1810205029).pdf5.61 MB
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.