i KORELASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP AKHLAK SISWA SMP NEGERI 11 KERINCI

Submitted by admin on Fri, 01/19/2024 - 14:54
Deskripsi/Abstract

Penelitian ini berutujuan untuk meneliti: (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama 11 Kerinci?; (2) Bagaimana akhlak siswa SMP Negeri 11 Kerinci?; dan (3) Apakah ada korelasi antara pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Akhlak Siswa?. Metode penelitian yang digunakan dalalm penelitian ini adalah metode penelitian kuantitiatif dengan pendekatan penelitian korelasi (Correaltional Reseearch). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 11 Kerinci yang berjumlah 194 Orang siswa, sampel penelitian ditentukan dengan teknik acak (random sampling), jumlah sampel ditentukan dengan teknik slovin, dan diperoleh sampel sebanyak 32 siswa. Data penelitian ini dikumpul dengan kuesioner, dan sebelum digunakan kuesioner tersebut terlebih dahulu diujicobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas kuesioner dan hasilnya seluruh kuesioner dinyatakan valid dan reliabel. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisa dengan analisis deskriptif menghitung Total Capaian Responden (TCR), dan pengujian hipotesis dengan melakukan uji korelasi pearson (Perason Correlation Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Total Capaian Responden (TCR) Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 11 Kerinci sebesar 88,70% dengan kriteria baik, berarti bahwa Penyelenggaraan Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 11 berdasarkan indikator materi yang disampaikan sudah dilaksanakan dengan baik oleh guru Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 11 Kerinci; 2) Total Capaian Responden (TCR) Akhlak siswa di SMP Negeri 11 Kerinci sebesar 89,88% dengan kriteria baik, berarti bahwa akhlak siswa SMP Negeri 11 Kerinci dilihat dari akhlak siswa terhadap Allah, akhlak sisw terhadap manusia, akhlak siswa terhadap alam, dan akhlak terhadap diri sendiri semuanya sudah baik; 3) hasil uji korelasi PAI dan Akhlak Siswa memiliki nilai sig (2-tailed) sebesar 0.00 < 0.05 dan Pearson Correlation (r hitung) bernilai positif sebesar 0.808** > 0.3440 r tabel yang berarti terdapat corelasi positif yang kuat antara pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Akhlak siswa di SMP Negeri 11 Kerinci. Akhirnya peneliti menyarakan kepada peneliti berikutnya yang ingin melakukan penelitian tentang korelasi PAI dan akhlak agar dapat menambah variabel

Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor https://pa-barru.go.id/kasus/ https://sman53jkt.sch.id/53/ https://pta-padang.go.id/po-includes/js/elid/?PTAP=Slot%20Gacor https://mi.pta-padang.go.id/sekuritas/?mitigasi=Mawartoto https://conceitho.com/pela/?sobre=Slot%20Gacor https://yjhallalathur.com/auditorium/?arapuzha=Slot%20Gacor https://www.lorencini.com.br/ole/ https://multcont.com/ https://ojs.uscnd.ac.id/ https://mail.pta-padang.go.id/public/ https://lpm.uscnd.ac.id/ https://yastisgl.or.id/?yasglid=Slot%20Gacor https://empower.vn247.org/newapp/Slot%20Gacor/ https://demo2.uscnd.ac.id/Slot%20Gacor/ https://smksriwijayawangon.sch.id/data/Slot%20Gacor/ Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777 GB777

Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis