Latar belakang penelitian ini adalah dalam pembelajaran membaca Al- Qur‟an di Taman Pendidikan Al-Qur‟an Al-Hidayah Desa Mukai Pintu. bacaan Al-Qur‟an si anak hanya lancar di mulut saja, mereka belum bisa membaca dengan memperhatikan makhrajul huruf, seperti belum bisa membedakan mana huruf sa, sya, dza, za, tsa, sho, dan sebagainya. Kebanyakan dari mereka hanya sekedar membaca tanpa mengetahui makhraj huruf dan tajwidnya sehingga masih jauh dari apa yang diharapkan. Penelitian ini berupa penelitian kualitatif. Alat pengumpul datanya berupa pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi untuk memperoleh data dan menganalisisnya bagaimana upaya guru pengajian meningkatkan kualitas bacaan anak di Taman Pendidikan Al-Qur‟an Desa Mukai Pintu. Dari hasil penelitian, adanya faktor pendukung dan penghambat upaya guru pengajian meningkatkan kualitas bacaan anak. Adapun Faktor pendukung upaya guru pengajian, yaitu adanya minat anak-anak membaca Al-Qur‟an dan adanya dukungan dari orang tua si anak. Sedangkan faktor penghambatnya, yaitu kurangnya kesadaran anak pentingnya membaca Al-Qur‟an, kurangnya kesadaran orang tua untuk mengawasi anak ke TPQ, adanya pengaruh dari lingkungan di sekitar anak, dan kurang lengkapnya sarana dan prasarana di TPQ. Adanya peningkatan kualitas bacaan anak melalui metode iqro‟ dan metode muroja‟ah di Taman Pendidikan Al-Qur‟an Desa Mukai Pintu. Bagi peneliti selanjutnya penulis menyarankan adanya upaya atau metode yang lebih tepat atau efektif dalam upaya meningkatkan kualitas bacaan anak di Taman Pendidikan Al-Qur‟an Al-Hidayah Desa Mukai Pintu.