Deskripsi/Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah dalam pembelajaran membaca Al-
Qur‟an di Taman Pendidikan Al-Qur‟an Al-Hidayah Desa Mukai Pintu. bacaan
Al-Qur‟an si anak hanya lancar di mulut saja, mereka belum bisa membaca
dengan memperhatikan makhrajul huruf, seperti belum bisa membedakan mana
huruf sa, sya, dza, za, tsa, sho, dan sebagainya. Kebanyakan dari mereka hanya
sekedar membaca tanpa mengetahui makhraj huruf dan tajwidnya sehingga masih
jauh dari apa yang diharapkan.
Penelitian ini berupa penelitian kualitatif. Alat pengumpul datanya berupa
pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi untuk memperoleh data dan
menganalisisnya bagaimana upaya guru pengajian meningkatkan kualitas bacaan
anak di Taman Pendidikan Al-Qur‟an Desa Mukai Pintu.
Dari hasil penelitian, adanya faktor pendukung dan penghambat upaya
guru pengajian meningkatkan kualitas bacaan anak. Adapun Faktor pendukung
upaya guru pengajian, yaitu adanya minat anak-anak membaca Al-Qur‟an dan
adanya dukungan dari orang tua si anak. Sedangkan faktor penghambatnya, yaitu
kurangnya kesadaran anak pentingnya membaca Al-Qur‟an, kurangnya kesadaran
orang tua untuk mengawasi anak ke TPQ, adanya pengaruh dari lingkungan di
sekitar anak, dan kurang lengkapnya sarana dan prasarana di TPQ. Adanya
peningkatan kualitas bacaan anak melalui metode iqro‟ dan metode muroja‟ah di
Taman Pendidikan Al-Qur‟an Desa Mukai Pintu. Bagi peneliti selanjutnya penulis
menyarankan adanya upaya atau metode yang lebih tepat atau efektif dalam upaya
meningkatkan kualitas bacaan anak di Taman Pendidikan Al-Qur‟an Al-Hidayah
Desa Mukai Pintu.
Koleksi
Subject
Files
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.