Deskripsi/Abstract
Pelaksanaan model pembelajaran Cooperative Learning pada pembelajaran
Al-Qur’an Hadist di Kelas XI MAN 1 Sungai Penuh terdapat 3 (tiga) tahapan
pelaksanaan pembelajaran, yaitu kegiatan pendahuluan yang berisi apersepsi
dan kesiapan siswa dalam proses belajar mengajar, kemudian kegiatan inti
yang terbagi atas kegiatan mengamati, menanya, mencoba, menalar dan
mengkomunikasikan. Pada kegiatan penutup, siswa dan guru akan merefleksi
hasil proses pembelajaran yang telah dilaksanakan dan memberikan
kesimpulan atas materi diskusi yang telah dilaksanakan.Hasil belajar siswa kelas XI MAN 1 Sungai Penuh dalam pembelajaran AlQur’an Hadist sebanyak 149 orang siswa kelas XI MIPA dari 173 siswa telah
mencapai nilai KKM, yaitu 70,00 pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist, dan
hanya 24 orang saja yang masih belum mencapai nilai KKM.
3. Beberapa kendala yang dihadapi dalam pelaksanan pembelajaran dengan
menggunakan model pembelajaran cooperative learning, yaitu: (a) guru
kesulitan memantau kerjasama siswa secara penuh dalam diskusi kelompok
kecil; b) siswa belum terbiasa belajar dengan berkelompok sehingga kelas
menjadi tidak kondusif terlihat pada saat pemilihan anggota kelompok siswa
masih memilih-milih teman, sehingga banyak menyita waktu; c) siswa belum
terbiasa terlibat aktif dalam pembelajaran sehingga guru harus selalu
memotivasi siswa. Untuk mengatasi kendala yang terjadi upaya yang
dilakukan guru dalam meminimalisir berbagai hambatan yang terjadi dalam
pembelajaran yakni siswa harus selalu dimotivasi guru baik berupa pujian
ataupun reward, membiasakan siswa belajar dengan berkelompok sehingga
aspek karakter berkerjasama siswa terbina.
Koleksi
Subject
Files
SKRIPSI-DWITA.pdf5.36 MB
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.