Deskripsi/Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang yang bertujuan
untuk penguatan karakter religius siswa melalui pembelajaran pendidikan agama
islam. Informan penelitian ini adalah Guru PAI, Tenaga Pengajar, Guru Bk dan
siswa kelas x .
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif.Metode yang
digunakan dalam penelitian ini ada 3 cara yaitu metode observasi yang dilakukan
oleh penelitisecara langsung terhadap objek yang akan diteliti dalam hal ini yang
diamati adalah lokasi atau letak sarana dan prasarana. Metode wawancara
digunakan untuk mendapat data tentang pembinaan karakter religius, pendekatan
dan langkah-langkah yang dikembangkan guru. Metode dokumentasi yang
peneliti gunakan untuk memperoleh data sejarah pribadi, visi dan misi dan data-
data yang diperlukan. Penelitian kualitatif ini menggunakan teknis analisis data
yang secara induktif, keakuratan data yang diuji dengan menggunakan tringulasi
data dari data yang terkumpul yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter religius di SMA Negeri 2
Kerinci terutama pada kelas x baik, tetapi ada sebagian siswa yang susah diatur
saat guru menegur supaya tidak ribut, guru memberikan pembinaan supaya tidak
lagi melakukan hal-hal yang mengganggu di dalam kelas. Starategi yang
digunakan guru PAI yaitu berpedoman pada tata tertib dan peraturan yang ada.
Guru selalu memberikan contoh kepada siswa yang sudah menaati peraturan yang
ada disekolah.
Jadi guru PAI harus merencanakan beragam metode mengajara supaya
siswa tidak bosan dan tidak ribut dan juga memberikan metode belajar yang
banyak melibatkan aktivitas, bisa dengan menggunakan diskusi,dengan begitu
energi siswa bisa tersalurkan dengan positif dan bukan malah mengobrol dengan
temannya.
Koleksi
Subject
Files
MULYA ttd.pdf
Downloaded 1 time
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.