PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 2 KERINCI

Submitted by admin on Thu, 01/04/2024 - 11:55
Deskripsi/Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang yang bertujuan untuk penguatan karakter religius siswa melalui pembelajaran pendidikan agama islam. Informan penelitian ini adalah Guru PAI, Tenaga Pengajar, Guru Bk dan siswa kelas x . Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif.Metode yang digunakan dalam penelitian ini ada 3 cara yaitu metode observasi yang dilakukan oleh penelitisecara langsung terhadap objek yang akan diteliti dalam hal ini yang diamati adalah lokasi atau letak sarana dan prasarana. Metode wawancara digunakan untuk mendapat data tentang pembinaan karakter religius, pendekatan dan langkah-langkah yang dikembangkan guru. Metode dokumentasi yang peneliti gunakan untuk memperoleh data sejarah pribadi, visi dan misi dan data- data yang diperlukan. Penelitian kualitatif ini menggunakan teknis analisis data yang secara induktif, keakuratan data yang diuji dengan menggunakan tringulasi data dari data yang terkumpul yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter religius di SMA Negeri 2 Kerinci terutama pada kelas x baik, tetapi ada sebagian siswa yang susah diatur saat guru menegur supaya tidak ribut, guru memberikan pembinaan supaya tidak lagi melakukan hal-hal yang mengganggu di dalam kelas. Starategi yang digunakan guru PAI yaitu berpedoman pada tata tertib dan peraturan yang ada. Guru selalu memberikan contoh kepada siswa yang sudah menaati peraturan yang ada disekolah. Jadi guru PAI harus merencanakan beragam metode mengajara supaya siswa tidak bosan dan tidak ribut dan juga memberikan metode belajar yang banyak melibatkan aktivitas, bisa dengan menggunakan diskusi,dengan begitu energi siswa bisa tersalurkan dengan positif dan bukan malah mengobrol dengan temannya.
Koleksi
Subject
Files
QR code for this page URL
Waktu Publikasi