Deskripsi/Abstract
Seorang guru memiliki peran yang sangat penting dalam upaya
pmebentukan sumber manusia yang berkualitas. Seorang guru juga menjadi faktor
kunci berhasilnya suatu proses dalam pendidikan karena guru menjadi contoh dan
panutan yang akan ditiru serta menjadi sumber dalam belajar karena jika tidak ada
guru tujuan dari pendidikan itu sendiri tidak akan tercapai. Berkembangnya ilmu
pengetahuan dan teknologi pada zaman sekarang ini menjadikan tugas guru dalam
menciptakan sumber manusia yang berkualitas menjadi semakin berat
Berdasarkan studi pertama, peneliti menemukan bahwa masih terdapat guru yang
memiliki kemampuan belum seperti yang diharapkan. Dalam hal ini, observasi
yang dilakukan oleh peneliti diperoleh informasi bahwa: supervisi yang dilakukan
oleh supervisor belum dapat mengoptimalkan kemampuan guru secara
professional dalam pembelajaran. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui
bagaimana pelaksanaan supervisi klinis kepala sekolah untuk meningkatkan
kompetensi pedagogik guru di SMPN 17 Kerinci.
Penelitian ini merupakan penelitian kualititaf. Teknik pengumpulan data
dilakukan melalui observasi, wawancara ,dokumentasi kemudian dianalisis
dengan teknik analisa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan
supervisi klinis kepala sekolah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru
di SMPN 17 Kerinci dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung
dalam pelaksanaan supervisi klinis kepala sekolah di SMPN 17 Kerinci
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan supervisi klinis kepala
sekolah terdapat 3 tahapan yaitu pada tahap pertemuan awal guru dituntut mampu
membuat rencana pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan peserta didik
serta dapat mengidentifikasi sumber kesulitan peserta didik, pada tahap observasi
sebelum melaksanakan proses belajar mengajar perlu dilakukan pertemuan
singkat yang dipimpin oleh supervisor. Pada tahap pertemuan balikan, guru diberi
kesempatan menyampaikan kesan-kesan tentang aktivitas pembelajaran yang telah
dilaksanakannya. Adapun faktor pendukung faktor yaitu: adanya dukungan yang
tinggi dari pihak pengelola sekolah, apresiasi yang tinggi diberikan dari kepala
sekolah. Kendala yang paling sering dihadapi ialah terkendalanya waktu
pelaksanaan supervisi klinis
Koleksi
Subject
Files
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.