Penelitian ini dilatar belakangi yaitu di SMAN 4 kota sungai penuh masih banyak guru yang belum begitu mengerti cara menggunakan media digital dalam proses pembelajaran seperti video, komputer, email, infocus, dan lain-lain Adapun yang menjadi rumusan masalah dan tujuan dalam penelitian ini yaitu (1)Bagaimana pelaksanaan proses pembelajaran guru PAI menggunakan media digital di SMAN 4 kota sungai penuh,(2)Bagaimana strategi guru PAI dalam melaksanakan profesional melalui penggunaan media digital di SMA N 4 kota sungai penuh,(3)Bagaimana hasil belajar siswa setelah menggunakan media digital dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan, strategi, dan hasil belajar siswa dari guru PAI dalam melaksanakan kompetensi profesional melalui penggunaan media digital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan desain fenomenologi. Subjek penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, PKS bidang kurikulum, beberapa orang guru, guru TIK, dan Siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan bantuntuan software Nvivo versi 11. Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran di SMA Negeri 4 kota sungai penuh mempersiapkan fasilitas media digital yang akan digunakan pada saat proses pembelajaran seperti infocus, laptop, dan fasilitas lainnya. Strategi guru PAI dalam meningkatkan kompetensi profesional melalui penggunaan media digital di SMA Negeri 4 kota sungai penuh pertama mempersiapkan bahan ajar, silabus ataupun RPP. Hasil belajar siswa meningkat dibuktikan dengan nilai rapor semester ganjil tahun ajaran 2022/2023.