Pengaruh penerapan metode pembelajaran survey, question, read, recall, review (sq3r) terhadap hasil belajar siswa Pada mata pelajaran pai di smpn 17 kerinci

Submitted by admin on Wed, 12/27/2023 - 14:31
Deskripsi/Abstract
Pokok masalah dalam penelitian ini adalah dilatar belakangi dari hasil observasi awal di SMPN 17 Kerinci yang mana pada proses pembelajaran berlangsung masih menggunakan metode ceramah (konvensional) hal ini dapat mempengaruhi hasil belajar siswa terkhususnya pada mata pelajaran PAI. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) bagaimana hasil pretest kelas eksperimen menggunakan metode survey, question, read, recall, and review (sq3r) (2) bagaimana hasil posttest kelas eksperimen menggunakan metode survey, question, read, recall, and review (sq3r) (3) apakah ada pengaruh dari penerapan metode survey, question, read, recall, and review (sq3r) terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bercorak penelitian lapangan, dengan penelitian kuantitatif eksperimen semu (quasi experiment design), sedangkan sumber data primer penulis kumpulkan langsung dari SMPN 17 Kerinci. Teknik pengumpulan data dengan membuat soal tes objektif dan dokumentasi. Dan analisis data menggunakan spss 24.00 for windows. Hasil penelitian ialah: (1) kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional sedikit sekali peningkatannya yaitu hanya sebanyak 3 orang saja (2) kelas eksperimen yang menggunakan metode survey, question, read, recall, and review (sq3r) peningkatannya sangat jauh yaitu sebanyak 13 orang (3) variasi metode dalam proses pembelajaran sangat berpengaruh sekali terhadap hasil belajar siswa.
Koleksi
Subject
Files
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis