EVALUASI HASIL PEMBELAJARAN BERBASIS KARAKTER PADA MATA KULIAH ILMU PENDIDIKAN ISLAM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN

Submitted by admin on Thu, 05/04/2023 - 01:14
Deskripsi/Abstract
Usman. dkk. Dosen IAIN Kerinci, Penelitian, Evaluasi Hasil Pembelajaran Berbasis Karakter pada Mata Kuliah Ilmu Pendidikan Islam Prodi PAI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, 2018. Mahasiswa berkarakter mulia adalah tujuan dan harapan yang diimpikan bagi setiap dosen di perguruan tinggi. Mahasiswa tidak hanya pintar dan cerdas serta berketerampilan semata, tetapi juga memiliki karakter mulia pada setiap knowledge Intelegency (kecerdasan pengetahuan), Attitude (sikap/kesdaran) dan actual acting (perilaku nyata) melekat karakter nilai di dalamnya. Setiap material ada maknanya/nilai. Bahkan esensi dan hakikat kemanusiaan manusia ada pada makna dan nilainya. Mengapa tidak, manusia yang disebut baik adal;ah manusia yang bernilai dan berguna Prof. Jujun S. Suria Sumantri dalam buku Filsafat Ilmunya mengatakan: “apa guna otak cerdas kalau hatinya bejat”. Ungkapan ini menjelaskan dan memutivasi untuk tidak hanya memberikan dan mengarahkan pembelajaran pada aspek material teory, penguasaan konsep dan teori yang inderawi saja, karena ini tidak cukup. Ia juga harus mengisi dan memperindah setiap material teory dengan karakter/nilai.(kualitative value) untuk mencapai tujuan pendidikannyadiperlukan evaluasi yang tepat dan profesional dengan memberikan dominasi evaluasi karakter pada, yaitu good knowing, good feeling dan good acting dengan merumuskan pertanyaan atau pernyataan yang dapat membuka tabir nilai pada domain tersebut. Untuk itu, peneliti memberikan fokus penelitian bagaimana konsep evaluasi hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik berbasis karakter pada mata pelajaran Ilmu Pendidikan Islam program studi pendidikan agama Islam fakulta Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Peneliti dalam melakukan pembahasan dan kajian penelitian menggunakan metodologi penelitian pendekatan kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan beberapa sumber data dilokasi dan referensi buku yang dapat ditelaah dan dikaji secara mendalam, guna untuk penggalian, penemuan, pembacaan, penjelasan dan penyampaian makna atau simbol data yang tersurat dan terserat dari data yang dikumpulkan. Semua data yang terkumpul diolah dan diolah dengan analisis domain, daomain taksonomi dan tema cultural, selanjutnya dianalisis dengan content analysis, akhirnya mendapatkan braind theory Simpulan Pembahasan adalah (1) Format hasil pembelajaran kognitif berbasis karakter sangat penting. untuik informasi pemenuhan good knowing yang berstandar nilai tertentu, seperti pengetahuan, pemahaman, analisis, dan sintesis, yang berkarakter. (2). Format hasil pembelajaran afektif berbasis karakter sangat penting untuk mendapatkan informasi tingkat sikap, penerimaan, respons, kemampuan menilai, mengorganisasikan, dan menghayati, meyakini dan menyadari akan kebaikan ilmu itu. (3). Format hasil pembelajaran psikomotrik berbasis karakter sangat penting untuk mendapatkan informasi tentang kemampuan gerakan, dan tindakan seperti kemampuan pada aktivitas yang baik sehari-hari tanpa disengaja gerakan dasar yang biasa, dan kemampuan dalam menirukan dan melakukan tindak perilaku yang terlatih yang berkarakter
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis