PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN READING, QUESTIONING AND ANSWERING (RQA) DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 6 KERINCI

Submitted by admin on Mon, 01/31/2022 - 11:39
Deskripsi/Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pengetahuan siswa sebelum menerapkan Strategi Pembelajaran Reading, Questioning and Answering (RQA) Kelas XI SMAN 6 Kerinci. Untuk mengetahui kompetensi pengetahuan siswa setelah menerapkan Strategi Pembelajaran Reading, Questioning and Answering( RQA) Kelas XI SMAN 6 Kerinci. Untuk mengetahui perbedaan Hasil Belajar siswa yang signifikansebelum menerapkan Strategi Pembelajaran Reading, Questioning and Answering (RQA) dengan sesudah diterapkan Strategi Pembelajaran Reading, Questioning and Answering (RQA) Kelas XI SMAN 6 Kerinci. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Metode dalam penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Method adalah penelitian yang dilaksanakan pada suatu kelompok peserta didik (eksperimen) tanpa ada kelompok perbandingan alau kelompok kontrol. Populasi yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik Kelas XI SMA Negeri 6 Kerinci yang berjumlah 44 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling, Pada penelitian ini pengambilan sampel dilakukan pada kelas yang sudah di bentuk oleh sekolah, diperoleh kelas XI IPA 2 sebanyak 22 orang siswa. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan Hasil Belajar siswa yang berbeda pada kelas Posttest dan kelas Pretest pada materi Sistem Penernaan pada Manusia Pada Manusia, mulai dari kategori N-gain rendah, sedang dan tinggi setelah pembelajaran menggunakan Strategi Reading, Questioning and Answering (RQA) diperoleh nilai rata-rata 51,59 sedangkan posstes diperoleh nilai rata-rata 78,18 hasil ini mengalami peningkatan mengalami peningkatan pada tingkat kompetensi pengetahuan siswa dan hasil perhitungan N-Gain pada pretest dan posstest memiliki skor N-Gain sebesar 0,52 dengan kategori sedang. Sedangkan pengaruh Penerapan menggunakan Strategi Pembelajaran Reading, Questioning and Answering (RQA) terhadap Hasil Belajar menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) = 0.002 < α = 0.05 maka H0 ditolak dan Ha diterima dimana terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara sebelum dan setelah dilakukan perlakuan. Dengan demikian, terbukti bahwa dalam penelitian ini Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga Strategi Pembelajaran Reading, Questioning and Answering (RQA) dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 6.
Koleksi
Subject
Files
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis