Berdasarkan studi awal didapatkan informasi bahwa prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak kelas VIII MTs Negeri 4 Kerinci, hal ini berkaitan dengan metode pembelajaran yang masih relevan terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui penggunaan metode pembelajaran Card Sort dalam meningkatakan prestasi belajars siswa pada Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII MTs Negeri 4 Kerinci. (2) Untuk mengetahui Penggunaan metode pembelajaran ceramah dalam meningkatakan prestasi belajars siswa pada Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII MTs Negeri 4 Kerinci. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen kuasi. Adapun jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data adalah tes essay. Analisis data yang dipakai melalui uji validitas, uji reliabilitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah (1) penggunaan metode pembelajaran Card Sort dalam meningkatakan prestasi belajars siswa pada Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII MTs Negeri 4 Kerinci. Nilai rata-rata awal yang dikumpulkan dari guru mata pelajaran Akidah Akhlak adalah 77,2 setelah diberikan perlakuan metode Card Sort didapatkan nilai rata-rata prestasi belajar siswa adalah 82,5. (2) penggunaan metode pembelajaran ceramah dalam meningkatakan prestasi belajar siswa pada Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII MTs Negeri 4 Kerinci tidak tercapai, hal ini terbukti dari hasil observasi awal nilai rata-rata Akidah Akhlak 78,3 Hal ini menunjukkan bahwa metode ceramah tidak dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran Akidah Akhlak di Kelas VIIIB MTs Negeri 4 Kerinci. Hasil penelitian ini dapat disarankan kepada peneliti lain untuk meneliti lebih lanjut menggunakan metode pembelajaran Card Sort dalam semua pembelajaran.