Deskripsi/Abstract
Penelitian ini membahas tentang metode guru dalam pembinaan akhlak siswa
pada pembelajaran akidah akhlak di MIN 3 Kerinci. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui upaya guru dalam pembinaan akhlak siswa pada pembelajaran
akidah akhlak, untuk mengetahui hasil pembinaan akhlak siswa pada pembelajaran
akidah akhlak, untuk mengetahui faktor pendukung dalam pembinaan akhlak siswa
pada pembelajaran akidah akhlak di MIN 3 Kerinci.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara
dan dokumentasi. Kemudian teknik analisa data yaitu reduksi data, penyajian data
dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa : 1) Upaya guru dalam
pembinaan akhlak siswa pada pembelajaran akidah akhlak di MIN 3 kerinci yaitu
dengan menggunakan metode keteladanan, metode pembiasaan, metode nasehat,
metode hukuman, dan metode pujian dengan memberikan hadiah (reward). 2) Hasil
pembinaan akhlak siswa pada pembelajaran akidah akhlak di MIN 3 Kerinci yaitu
siswa-siswinya memiliki akhlak yang baik dan terpuji, akhlak yang baik tersebut
yaitu akhlak siswa terhadap Allah, akhlak siswa terhadap guru, akhlak siswa terhadap
dirinya sendiri, akhlak siswa terhadap lingkungan dan akhlak siswa terhadap teman
sebaya. 3) Faktor pendukung dalam pembinaan akhlak siswa pada pembelajaran
akidah akhlak di MIN 3 kerinci yaitu adanya buku-buku pelajaran, kedisiplinan guru
dalam mengajar, dan adanya budaya tertib.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu metode yang digunakankan oleh guru
dalam pembinaan akhlak siswa pada pembelajaran akidah akhlak di MIN 3 Kerinci
terbukti efektif untuk diterapkan maupun diaplikasikan.
Koleksi
Subject
Files
SKRIPSI OLMEZA NOVEBRI.pdf
Downloaded 1 time
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.