Penelitian ini membahas tentang metode guru dalam pembinaan akhlak siswa pada pembelajaran akidah akhlak di MIN 3 Kerinci. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru dalam pembinaan akhlak siswa pada pembelajaran akidah akhlak, untuk mengetahui hasil pembinaan akhlak siswa pada pembelajaran akidah akhlak, untuk mengetahui faktor pendukung dalam pembinaan akhlak siswa pada pembelajaran akidah akhlak di MIN 3 Kerinci. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisa data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa : 1) Upaya guru dalam pembinaan akhlak siswa pada pembelajaran akidah akhlak di MIN 3 kerinci yaitu dengan menggunakan metode keteladanan, metode pembiasaan, metode nasehat, metode hukuman, dan metode pujian dengan memberikan hadiah (reward). 2) Hasil pembinaan akhlak siswa pada pembelajaran akidah akhlak di MIN 3 Kerinci yaitu siswa-siswinya memiliki akhlak yang baik dan terpuji, akhlak yang baik tersebut yaitu akhlak siswa terhadap Allah, akhlak siswa terhadap guru, akhlak siswa terhadap dirinya sendiri, akhlak siswa terhadap lingkungan dan akhlak siswa terhadap teman sebaya. 3) Faktor pendukung dalam pembinaan akhlak siswa pada pembelajaran akidah akhlak di MIN 3 kerinci yaitu adanya buku-buku pelajaran, kedisiplinan guru dalam mengajar, dan adanya budaya tertib. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu metode yang digunakankan oleh guru dalam pembinaan akhlak siswa pada pembelajaran akidah akhlak di MIN 3 Kerinci terbukti efektif untuk diterapkan maupun diaplikasikan.