Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD Negeri 061/XI Koto Panap. Dalam proses pembelajaran guru memegang peranan utama dan merupakan suatu yang penting. Yang terkandung serangkaian perbuatan guru dan anak didik yang secara langsung terjadi hubungan timbal balik antara guru dan anak didiknya. Ini adalah syarat utama bagi berlangsungnya proses pembelajaran. Dalam hubungan itulah, seorang guru selalu berhadapan dengan sejumlah anak didik yang mempunyai ciri khas masingmasing secara ekstrim dikatakan bahwa sebenarnya setiap anak berbeda satu dengan yang lainnya. Dalam melaksanakan penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif pada dasarnya merupakan suatu proses penyelidikan yang mirip dengan pekerjaan detektif. Dari sebuah penyelidikan akan dihimpun data-data utama dan seka;igus data tambahannya. Sumber data utama dalam penlitian kualitatif adalah kata-kata dan tindakan, sedangkan data tertulis, foto, dan statistik adalah data tambahan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan bahwa motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa pada mata pelajaran PAI pada hakikatnya pelaksanaan dan perwujudan motivasi belajar bagi siswa di SD Negeri 061/XI Koto Panap ini sudah sesuai kebutuhan, dorongan, motivasi dan minat yang ada pada diri siswa sehingga belajar mereka berjalan dengan baik. Adapun hasil wawancara secara mendalam peneliti terhadap Guru PAI di SD Negeri 061/XI Koto Panap dilokasi penelitian. Bahwa hambatan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SD Negeri 061/XI Koto Panap Secara garis besar dapat digolongkan menjadi dua yaitu faktor eksternal dan internal