Deskripsi/Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Peran Guru PAI dalam
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD Negeri 061/XI Koto Panap. Dalam proses
pembelajaran guru memegang peranan utama dan merupakan suatu yang penting.
Yang terkandung serangkaian perbuatan guru dan anak didik yang secara langsung
terjadi hubungan timbal balik antara guru dan anak didiknya. Ini adalah syarat utama
bagi berlangsungnya proses pembelajaran. Dalam hubungan itulah, seorang guru
selalu berhadapan dengan sejumlah anak didik yang mempunyai ciri khas masingmasing secara ekstrim dikatakan bahwa sebenarnya setiap anak berbeda satu dengan
yang lainnya. Dalam melaksanakan penelitian ini, peneliti menggunakan metode
penelitian kualitatif pada dasarnya merupakan suatu proses penyelidikan yang mirip
dengan pekerjaan detektif. Dari sebuah penyelidikan akan dihimpun data-data utama
dan seka;igus data tambahannya. Sumber data utama dalam penlitian kualitatif
adalah kata-kata dan tindakan, sedangkan data tertulis, foto, dan statistik adalah data
tambahan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti
lakukan bahwa motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa pada mata pelajaran PAI
pada hakikatnya pelaksanaan dan perwujudan motivasi belajar bagi siswa di SD
Negeri 061/XI Koto Panap ini sudah sesuai kebutuhan, dorongan, motivasi dan
minat yang ada pada diri siswa sehingga belajar mereka berjalan dengan baik.
Adapun hasil wawancara secara mendalam peneliti terhadap Guru PAI di SD Negeri
061/XI Koto Panap dilokasi penelitian. Bahwa hambatan Guru dalam Meningkatkan
Motivasi Belajar Siswa di SD Negeri 061/XI Koto Panap Secara garis besar dapat
digolongkan menjadi dua yaitu faktor eksternal dan internal
Koleksi
Subject
Files
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.