Penelitian dilatar belakangi hasil observasi awal pada tanggal 02 Agustus 2021 di SMP Negeri 34 Kerinci peneliti melihat dari absensi guru bahwa banyak guru yang tidak tepat waktu datang kesekolah. Tentunya hal ini mengganggu dalam proses pembelajaran karna adanya pembatasan waktu dalam mengajar, sehingga guru kesulitan dalam membentuk akhlakul karimah siswa. Pelaksanaan penelitian menggunakan metode kualitatif dalam proses penelitian, penggunaan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai instrumen penelitian. Teknik keabsahan data meliputi, uji kredibilitas data, uji transferability, uji dependability, dan confirmability. Penelitian ini menggunakan uji kredibilitas data dengan triangulasi yaitu Triangulasi sumber, Triangulasi Teknik, dan Triangulasi Waktu. Hasil penelitian ialah: 1) Di dalam membentuk akhlakul karimah siswa tentunya sangat di perlukan sebuah perencanaan yang matang sebelum melaksanakan proses pembelajaran, mempersiapkan RPP yang akan jadikan sebagai pedoman ataupun acuan di dalam kelas 2) Dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik di masa pandemi covid-19 peserta didik tetap tertib mengikuti pelajaran agama islam, sebelum mengajar selalu mengingatkan peserta didik untuk memakai masker dan selalu memberi jarak tempat duduk peserta didik. 3) melaksanakan kegiatan keagamaan yang rutin dilaksanakan seperi pelaksanaan tadarus setiap pagi, sholat dzuhur berjamaah, dan yasinan dilakukan pada hari jum’at yang di selangi dengan sholat dhuha bejamaah dan tak lupa pula arahan yang selalu diberikan setiap apel pagi