Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Sungai Penuh pada kelas VII yang diambil secara acak sebanyak 3 kelas dari populasi 5 kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi proses pembelajaran daring serta menganalisis soal dan hasil ujian berdasarkan indikator pemahaman konsep, adapun indikator pemahaman konsep yang digunakan yaitu menyatakan ulang sebuah konsep, menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis, menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu, mengaplikasikan konsep atau algoritma pada pemecahan masalah. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah wawancara dan dokumentasi, wawancara dilakukan dengan beberapa orang siswa kelas VII SMP Negeri 4 Sungai Penuh tentang pembelajaran daring. Hasil penelitian ini menunjukkan kesesuaian antara soal dengan indikator pemahaman konsep hanya 4 indikator yang bersesuaian dan 2 soal yang memiliki indikator yang sama. Berdasarkan hasil ujian kemampuan pemahaman konsep secara daring sangat rendah karena dari 5 soal hanya satu soal yang mendapat nilai cukup yaitu soal nomor 3 dan tidak ada yang mendapar nilai ideal.