ANALISIS MISKONSEPSI SISWA SMA KELAS X PADA POKOK BAHASAN FUNGSI

Submitted by admin on Sun, 01/28/2024 - 10:59
Deskripsi/Abstract
Penelitian yang berjudul Analisis Miskonsepsi Siswa SMA Kelas X pada Pokok Bahasan Fungsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan konsep (miskonsepsi) yang dilakukan oleh siswa SMA Negeri 3 Sungai Penuh Kelas X pada pokok bahasan fungsi. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subyek penelitian ini adalah kelas X MIA3 dengan menggunakan teknik purple sampling dan snowball. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA3 dikarenakan berdasarkan hasil wawancara dengan guru matematika yang sering mengalami miskonsepsi pada pokok bahasan fungsi adalah kelas X MIA3. Instrumen penelitian ini adalah tes, wawancara dan observasi. Teknik analisis data kualitatif dalam penelitian ini adalah reduksi data (Reduction), Penyajian data (Display) dan Consclusion drawing/Verivication. Berdasarkan penelitian yang dilakukan terdapat 4 orang siswa yang mengalami kesalahan konsep (miskonsepsi) dikelas X MIA3 pada pokok bahasan fungsi terhadap 6 indikator kesalahan konsep (miskonsepsi) yang disebabkan oleh kurangnya minat belajar siswa, siswa yang malu bertanya pada saat guru menjelaskan pelajaran di depan kelas dan siswa yang tidak pernah mengulang pelajaran dirumah sehingga siswa tidak bisa dalam menjawab soal yang diberikan oleh guru.
Koleksi
Subject
Files
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis