PENGARUH SIMULATION METHOD DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL-CHARTA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 KERINCI

Submitted by admin on Fri, 01/19/2024 - 09:28
Deskripsi/Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kerinci tanpa menerapkan Simulation Method dengan menggunakan media visual-charta. Untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kerinci dengan menerapkan Simulation Method dengan menggunakan media visual- charta. Adakah pengaruh metode simulation method dengan menggunakan media visual-charta terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kerinci. Jenis penelitian eksperimen dapat diartikan sebagai metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang dikendalikan.Dalam penelitian ini penulis membedakan dua perlakuan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen merupakan kelas yang siswanya diajar melalui Metode Simulation Method dengan Menggunakan Media Visual-Charta sedangkan kelas kontrol adalah kelas yang siswanya tidak diajar menggunakan Simulation Method dengan Menggunakan Media Visual- Charta Hasil belajar siswa dengan menerapkan Simulation Method dengan Menerapkan Media Visual-Charta berada pada kategori baik. Hal ini dapat dilihat dari nilai tertinggi adalah 90 dan nilai terendah 60. Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 75. Hasil belajar siswa yang tanpa menerapkan Metode Simulation Method dengan Menerapkan Media Visual-Charta pada kategori menurun. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol adalah 65,59 dengan nilai tertinggi 70 dan nilai terendah 40. Dari hasil penelitian dan perhitungan thitung sebesar 5,76 nilai ini lebih besar dari ttabel 1,75 ini menunjukan bahwa adanya perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol, karena thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima pada tingkat kepercayaan 95%, artinya terdapat pengaruh yang signifikan dengan adanya menerapkan Simulation Method dengan Menerapkan Media Visual-Charta terhadap hasil belajar IPA siswa di kelas VIII khususnya materi sistem pernafasan pada manusia SMP Negeri 4 Kerinci.

Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor https://pa-barru.go.id/kasus/ https://sman53jkt.sch.id/53/ https://pta-padang.go.id/po-includes/js/elid/?PTAP=Slot%20Gacor https://mi.pta-padang.go.id/sekuritas/?mitigasi=Mawartoto https://conceitho.com/pela/?sobre=Slot%20Gacor https://yjhallalathur.com/auditorium/?arapuzha=Slot%20Gacor https://www.lorencini.com.br/ole/ https://multcont.com/ https://ojs.uscnd.ac.id/ https://mail.pta-padang.go.id/public/ https://lpm.uscnd.ac.id/ https://yastisgl.or.id/?yasglid=Slot%20Gacor https://empower.vn247.org/newapp/Slot%20Gacor/ https://demo2.uscnd.ac.id/Slot%20Gacor/ https://smksriwijayawangon.sch.id/data/Slot%20Gacor/ Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor

Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis