Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Potensi Lokal Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Siswa SMA Negeri 8 Kerinci

Submitted by admin on Tue, 01/09/2024 - 11:42
Deskripsi/Abstract
Keterampilan berpikir kritis siswa di sekolah menengah belum dimunculkan dalam pembelajaran. Pentingnya berpikir kritis siswa mampu memecahkan masalah dan mengambil keputusan dengan memperhitungkan berbagai macam pertimbangan yang logis serta memperoleh hasil belajar yang lebih baik.Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbantuan potensi lokal terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Metode penelitian digunakan kuantitatif, teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi dan tes kemudian dengan instrumen hasil belajar kognitif. Data dianilisis dengan Anakova sebelumnya dilakukan uji prasyarat meliputi uji normalitas distribusi data dan uji homogenitas varian dengan tingkat signifikansi 0.05. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning berbantuan potensi lokal berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Temuan ini menunjukkan model discovery learning berbantuan potensi lokal dapat mendukung proses pembelajaran karena bersifat kontekstual.Keputusan uji hipotesis y independent sample test (uji t), nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) yang diperoleh sebesar 0,00 ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi < nilai probabilitas (𝛼=0,05) maka Ha diterima.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi