Keberhasilan suatu proses belajar mengajar terutama dalam pembelajaran biologi sangat ditentukan oleh media pembelajaran yang digunakan. Namun, dalam mewujudkan keberhasilan tersebut timbul permasalahan yaitu guru masih monoton dalam penggunaan media pembelajaran. Seperti masih memakai metode ceramah dan minim dalam penggunaan media sehingga pembelajaran tidak dapat tersampaikan dengan baik kepada peserta didik. Hal ini berdasarkan observasi penulis mengenai analisa kebutuhan media pembelajaran, dari angket google form yang disebar, penulis menemukan bahwa dari 55 siswa 46 (81,8%) siswa menyatakan bahwa guru masih menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajaran, 34 (61,8%) siswa tidak dapat memahami materi pelajaran hanya dengan catatan dan penjelasan yang diberikan oleh guru. Oleh karena itu, diperlukan inovasi baru media pembelajaran online berbasis google sites. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, studi literatur ,dokumentasi dan ujian atau tes kemudian dianalisis dengan teknik analisa data validasi media, validasi materi dan teknik analisa uji coba. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media pembelajaran online berbasis Google sites memiliki tingkat kevaliditan yaitu sangat valid dengan presentasi 93% dan dengan menggunakan media ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi.