Deskripsi/Abstract
Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa proses pembelajaran di MAN 1 Kerinci
telah berjalan dengan baik, namun masih terdapat beberapa kelas yang memiliki nilai rata-rata
di bawah standan kriteria ketuntasan minimal yaitu 75. Hal ini di akibatkan oleh rendahnya
kemampuan peserta didik dalam pemecahan masalah, sehingga peserta didik kesulitan dalam
memperoleh pengetahuan baru. Hal mendasar dari permasalahan ini adalah rendahnya skor
yang dicapai peserta didik kelas kelas XMIA2 pada setiap indikator kemampuan berpikir kreatif
rata-rata kecil dari 60%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model
project based learning dalam peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada
pembelajaran biologi, peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada
pembelajaran biologi melalui project based learning, dan seberapa besar perbandingan
peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik sebelum dan setelah menerapkan
pembelajaran project based learning.
Metode penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain
penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen tipe Control Group Pretest-Postest
Design yaitu sebelum perlakuan diberikan terlebih dahulu sampel diberi pretest (tes awal) dan
diakhir pembelajaran sampel diberi postest (tes akhir). Desain ini digunakan untuk
mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam proses pembelajaran
biologi setelah menggunakan model pembelajaran project based learning.
Hasil penelitian ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif
peserta didik pada setiap indikatornya dari kondisi awal ke kondisi akhir. Pada pertemuan
pertama nilai rata-rata kemampuan berpikir kratif peserta didik hanya 59 dengan kategori
tidak kreatif, kemudian diterapkan model project based learning shingga meningkat mencapai
nilai rata-rata 65,2, pada pertemuan kedua menigkat mencaapai nilai rata-rata 73,6, pada
pertemuan ketiga meningkat mencapai nilai rata-rata 78,7, dan pada pertemuan terakhir
mencapai nilai rata-rata 88,5 dengan kategori sangat kratif. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Project Based Learning dalam pembelajaran,
untuk meningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik.
Koleksi
Subject
Files
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.