Self-efficacy merupakan keyakinan siswa tentang kemampuan mereka untuk menyelesaikan tugas. Pada SMAN 2 kerinci tepatnya pada kelas X diketahui banyak siswa yang mengerjakan pr disekolah, dan ragu dengan argumen mereka sendiri pada saat diskusi. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara self-efficacy siswa perempuan dengan self-efficacy siswa laki-laki. Adapun sampel pada penelitian ini yaitu berjumlah 80 orang siswa yang terbagi menjadi 40 siswa perempuan dan 40 siswa laki-laki. Metode dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa self-efficacy siswa perempuan berada pada kategori sangat tinggi yaitu berada pada angka 65%, sedangkan self-efficacy siswa laki-laki berada pada kategori tinggi yaitu pada angka 54%. Dan berdasarkan uji hipotesis didapatkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara self-efficacy siswa perempuan dengan siswa laki-laki pada pembelajaran biologi dengan nilai Thitung sebesar 27,315 dan Ttabel sebesar 1,664 . Dari penelitian ini dapat di simpulkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara sikap kepercayaan siswa perempuan dan laki-laki di SMAN 2 kerinci terutama pada kelas X saat pembelajaran biologi.