HUBUNGAN RELIGIUSITAS DENGAN PRESTASI BELAJAR AQIDAH AHKLAK SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 SUNGAI PENUH

Submitted by admin on Thu, 01/04/2024 - 09:25
Deskripsi/Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi peserta didik kurang berkembang dalam memahami materi dan memecahkan masalah.sebagian para siswa ditemui masih memiliki kurangnya karakter tanggung jawab dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui HUBUNGAN Religiusitas dengan Prestasi Belajar Aqidah Ahklak Siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Sungai Penuh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian expost facto korelasional. Populasi yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Sungai Penuh yang berjumlah 72 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan metode Total sampling. Analisis data menggunakan analisis korelasi. Hasil Penelitian: Prestasi Belajar Aqidah Ahklak Siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Sungai Penuh diketahui bahwa dari 24 siswa semuanya tuntas dengan nilai nilai rata-rata 79,83 nilai/ prestasi tersebut adalah merupakan nilai dari hasil ujian dengan kriteria kurang tuntas. Hasil uji korelasi diperoleh besarnya nilai koefisien korelasi signifikansi (Pearson Correlation) sebesar 0,111. Hal ini menunjukkan tidak adanya korelasi yang berarah positif antara kedua variabel tersebut, yang artinya jika religiusitas tinggi, maka prestasi belajar akhlak siswa belum tentu akan tinggi, sebaliknya jika religiusitas rendah, maka prestasi belajar akhlak siswa belum tentu akan rendah. Hal ini diperkuat dengan hasil uji signifikansi didapatkan p = 0,605 > 0,05 level of significant (α), artinya hipotesis tidak diterima, bahwa terdapat tidak hubungan antara antara religiusitas dengan prestasi belajar akhlak siswa di MAN 1 Sungai Penuh. Kriteria tingkat hubungan (koefisien korelasi) antar variabel bernilai 0,111 dengan korelasi sangat rendah
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis