Deskripsi/Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi peserta didik kurang berkembang
dalam memahami materi dan memecahkan masalah.sebagian para siswa
ditemui masih memiliki kurangnya karakter tanggung jawab dalam
pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui HUBUNGAN
Religiusitas dengan Prestasi Belajar Aqidah Ahklak Siswa di Madrasah
Aliyah Negeri (MAN) 1 Sungai Penuh.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian
ini menggunakan penelitian expost facto korelasional. Populasi yang akan
diteliti dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik Madrasah Aliyah
Negeri (MAN) 1 Sungai Penuh yang berjumlah 72 orang. Teknik
pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan metode Total
sampling. Analisis data menggunakan analisis korelasi.
Hasil Penelitian: Prestasi Belajar Aqidah Ahklak Siswa di Madrasah
Aliyah Negeri (MAN) 1 Sungai Penuh diketahui bahwa dari 24 siswa
semuanya tuntas dengan nilai nilai rata-rata 79,83 nilai/ prestasi tersebut
adalah merupakan nilai dari hasil ujian dengan kriteria kurang tuntas. Hasil
uji korelasi diperoleh besarnya nilai koefisien korelasi signifikansi (Pearson
Correlation) sebesar 0,111. Hal ini menunjukkan tidak adanya korelasi yang
berarah positif antara kedua variabel tersebut, yang artinya jika religiusitas
tinggi, maka prestasi belajar akhlak siswa belum tentu akan tinggi, sebaliknya
jika religiusitas rendah, maka prestasi belajar akhlak siswa belum tentu akan
rendah. Hal ini diperkuat dengan hasil uji signifikansi didapatkan p = 0,605 >
0,05 level of significant (α), artinya hipotesis tidak diterima, bahwa terdapat
tidak hubungan antara antara religiusitas dengan prestasi belajar akhlak siswa
di MAN 1 Sungai Penuh. Kriteria tingkat hubungan (koefisien korelasi) antar
variabel bernilai 0,111 dengan korelasi sangat rendah
Koleksi
Subject
Files
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.