Abstrak Dosen Wanita dijadikan sebagai objek penelitian di IAIN Kerinci karena Dosen wanita yang mengajar dan berkeluarga dihadapkan pada peran ganda. Tuntutan peran keluarga membuat wanita harus lebih banyak memberikan perhatian kepada anak, suami dan orang tua. Di sisi lain, tuntutan karir, memberikan kesempatan yang luas bagi wanita untuk mengembangkan dirinya pekerjaan sehingga menjanjikan perolehan jabatan (posisi) yang lebih baik ataupun pendapatan yang lebih besar. Timbulnya masalah-masalah dalam kedua peran yang harus dijalaninya itu bisa memicu tingkat stres kerja para wanita tersebut. Permasalahan tentang peran ganda, kinerja dosen Wanita juga diungkapkan melalui beberapa penelitian terdahulu, sebuah studi mengungkapkan bahwa pengaruh peran ganda terhadap kinerja dosen sebesar 52,81% pengaruh stres kerja terhadap kinerja dosen 13,63% sehingga peran ganda dan stres kerja tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja dosen Wanita (Rosita ; 2014-192) Jenis Penelitian yang digunakan adalah lapangan (field research). pendekatan penelitian kuantitatif. Desain penelitian digunakan untuk mengumpulkan data dan teknik yang relevan, Populasi dan Sampel, Variabel Penelitian, Teknik Pengumpulan Data, Instrumen Penelitian, Sumber Data dan Teknik Analisis Data hasil penelitian adalah 1) Hasil pengujian hipotesis (H1) yang dilakukan membuktikan adanya pengaruh positif dan signifikan antara konflik peran ganda terhadap kinerja dosen wanita IAIN Kerinci. 2) Hasil pengujian hipotesis (H2) yang dilakukan membuktikan bahwa tidak ada pengaruh antara stres kerja terhadap kinerja dosen wanita IAIN Kerinci. 3) Hasil pengujian hipotesis (H3) membuktikan bahwa secara simultan konflik peran ganda dan stres kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dosen wanita IAIN Kerinci.