PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN FIQIH KELAS X DI MA KOTO RENDAH

Submitted by admin on Wed, 06/12/2024 - 09:26
Deskripsi/Abstract
Latar belakang masalah Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan terhadap rendahnya hasil belajar siswa, disebabkan terlalu dominannya proses pembelajaran yang terbilang biasa. Pada masa sekarang ini suasana kelas yang cenderung menjadikan guru sebagai pusat suatu kegaiatan dalam pembelajaran (teacher-centered) menjadikan siswa pasif dalam mengikuti proses pembelajaran tersebut dikarenakan hanya guru yang menjadi tumpuan saat proses pembelajaran.Tidak sedikit guru yang suka menerapkan model pembelajaran seperti ini karena tidak memerlukan alat bantu atau media bahkan bahan praktek. Cukup menjelaskan konsep-konsep yang ada pada buku yang digunakan dalam pembelajaran yang sedang berlangsung dan selesailah pembelajaran. Akibatnya siswa hanya bisa membayangkan apa yang telah di ajarkan tanpa tahu bagaimana mengaplikasikannya dalam kehidupan nyata. Seharusnya dalam melaksanakan pembelajaran, guru dapat menggunakan berbagai variasi model pembelajaran yang ada. Rumusan masalah dalam penelitian Bagaimana hasil belajar siswa tanpa menggunakan metode project based learning pada pembelajaran Fiqih kelas X MA Koto Rendah, hasil belajar siswa menggunakan metode project based learning pada pembelajaran Fiqih kelas X MA Koto Rendah, Apakah terdapat pengaruh metode project based learning dalam meningkatkan hasil belajar Fiqih kelas X MA Koto Rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen (exsperiment research) dengan pendekatan kuantitatif. Menurut Iqbal Hasan penelitian eksperimen adalah penelitian yang melakukan perubahan (ada perlakuan khusus) terhadap variabel-variabel yang diteliti (Hasan,2004:5). Dengan membagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok pertama kelompok eksperimen menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan kelompok kedua kelompok kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Setelah diketahui kedua data hasil belajar fiqih siswa homogen, maka selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan analisis uji-t. Uji hipotesis bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas control diperoleh nilai thitung = 2,28 dan nilai ttabel = 1,68 maka thitung > ttabel. Hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat diterima sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan metode project based learning dalam meningkat hasil belajar fiqih di kelas X MA Koto Rendah pada tingkat kepercayaan 95%.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi