Deskripsi/Abstract
Identifikasi masalah berkaitan dengan kebiasaan siswa yang
bergaul sesama teman dari satu desa, sehingga membuat sikap yang
cenderung. Hal ini bisa membuat sikap self control kurang baik dalam
pergaulan sesama desa bisa berdampak pada masalah perselisihan,
terjadinya persaingan yang kurang sehat di kelas, mudahnya terjadi
beda pendapat, perilaku saling mengejek (bulying), bersifat (inklusif),
dan anti terhadap kelompok lain. Self control adalah kemampuan untuk
mengontrol diri dari tindakan menyimpang. Adapun tujuan dalam
penelitian ini untuk mengetahui: (1) Bentuk perilaku self control siswa
di MTs Negeri 4 Kerinci. (2) Upaya guru PAI dalam menguatkan sikap
self control siswa dalam pembelajaran PAI di MTs Negeri 4 Kerinci.
(3) Dampak dari upaya guru PAI dalam menguatkan sikap self control
siswa di MTs Negeri 4 Kerinci
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan
pendekatan analisis kualitatif deskriptif. Adapun jenis data yang
digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan
data adalah observasi non-partisipan, wawancara semi-terstruktur, dan
dokumentasi. Analisis data yang dipakai melalui 3 tahap yaitu reduksi,
display data, dan pengumpulan data. Keabsahan data yang digunakan
melalui 4 langkah yaitu kredibilitas data, transferabilitas,
dependabilitas, dan konfirmabilitas.
Hasil penelitian ini adalah (1) bentuk perilaku self control siswa
di MTs Negeri 4 Kerinci dapat terwujud dalam kemampuan mengontrol
perilaku, mampu mengontrol stimulus, mampu mengantisipasi
peristiwa, kemampuan menafsir peristiwa, kemampuan mengambil
keputusan. (2) Upaya guru PAI dalam menguatkan sikap self control
siswa dalam pembelajaran PAI di MTs Negeri 4 Kerinci dapat
dilakukan guru melalui penanaman pengetahuan akhlak, penerapan
metode ajar, melalui metode pembiasaan, melalui metode keteladanan,
melalui metode reward dan hukuman. (3) Dampak dari upaya guru PAI
dalam menguatkan sikap self control siswa di MTs Negeri 4 Kerinci
dalam pembelajaran Akidah Akhlak sudah berlangsung baik, hal ini
terlihat dari perubahan yang terjadi pada siswa dengan penguatan sikap
self control misalnya perilaku bolos semakin berkurang, mampu
mengendalikan sikap saling ejek (bullying), bersaing positif dalam
pembelajaran, dan makin berkurangnya kasus perkelahian. Hasil
penelitian ini dapat disarankan kepada peneliti lain untuk meneliti lebih
lanjut dengan teknik lebih mendalam pada objek yang lebih luas.
Koleksi
Subject
Files
Skripsi Jefri.pdf1.26 MB
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.