Pemanfaatan layanan penguasaan konten untuk membentuk karakter sopan santun siswa terhadap guru di sekolah menengah pertama negeri 48 kerinci

Submitted by admin on Thu, 02/01/2024 - 10:05
Deskripsi/Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: 1) Karakter sopan santun siswa terhadap guru di SMP Negeri 48 Kerinci sebelum diberikan layanan penguasaan konten. 2) Karakter sopan santun siswa terhadap guru di SMP Negeri 48 Kerinci sesudah diberikan layanan penguasaan konten. 3) mengungkap perbedaan karakter sopan santun siswa terhadap guru di SMP Negeri 48 Kerinci sebelum dan sesudah diberikan layanan penguasaan konten. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen melalui rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 48 Kerinci yang berjumlah 40 orang dan seluruh siswa dijadikan sampel penelitian. Data penelitian ini diungkap menggunakan Skala Karater Sopan Santun kemudian dianalisis menggunakan skor ideal dan Uji Mann Whitney U Test dengan bantuan SPSS versi 22.00 Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) karakter sopan santun siswa terhadap guru di SMP Negeri 48 Kerinci sebelum diberikan layanan penguasaan konten berada pada kategori sedang. 2) karakter sopan santun siswa terhadap guru di SMP Negeri 48 Kerinci sesudah diberikan layanan penguasaan konten berada pada kategori tinggi. 3) terdapat perbedaan karakter sopan santun siswa terhadap guru di SMP Negeri 48 Kerinci sebelum dan sesudah diberikan layanan penguasaan konten dengan probabilitas asymsig. (2-tailed) sebesar 0,00.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi
Penulis