Kurikulum Merdeka Belajar diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang menetapkan bahwa terdapat beberapa hal yang harus disusun sebelum pembelajaran, setelah itu melaksanakan pembelajaran kurikulum merdeka dengan diferensiasi pembelajaran serta asesmen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran Bahasa Inggris di SMAN 4 Sungai Penuh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu teknik wawancara dengan mewawancarai wakil kepala kurikulum dan guru Bahasa Inggris, teknik observasi yang dilakukan dengan mengamati pelaksanaan pembelajaran, serta teknik dokumentasi berupa modul ajar yang digunakan guru Bahasa Inggris. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Bahasa Inggris di SMAN 4 Sungai Penuh sudah mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar hal ini terlihat dari guru dalam melaksanakan perencanaan pembelajaran dengan mencantumkan Capaian Pembelajaran (CP), menyusun Tujuan Pembelajaran (TP), dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). Dalam pelaksanaan pembelajaran, guru telah melaksanakan diferensiasi pembelajaran berdasarkan proses dan produk, tetapi guru masih kesulitan dalam pelaksanaan pembelajaran berdasarkan proses dan guru masih kesulitan dalam mengatur waktu pelaksanaan pembelajaran agar efektif. Sehingga pengimplementasiannya guru di SMAN 4 Sungai Penuh sudah terimplementasi tetapi belum sempurna.