Deskripsi/Abstract
Kurikulum Merdeka Belajar diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan
Kebudayaan yang menetapkan bahwa terdapat beberapa hal yang harus disusun
sebelum pembelajaran, setelah itu melaksanakan pembelajaran kurikulum
merdeka dengan diferensiasi pembelajaran serta asesmen. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka belajar dalam
pembelajaran Bahasa Inggris di SMAN 4 Sungai Penuh. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik
pengumpulan data yaitu teknik wawancara dengan mewawancarai wakil kepala
kurikulum dan guru Bahasa Inggris, teknik observasi yang dilakukan dengan
mengamati pelaksanaan pembelajaran, serta teknik dokumentasi berupa modul
ajar yang digunakan guru Bahasa Inggris. Teknik analisis data yang digunakan
adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru
Bahasa Inggris di SMAN 4 Sungai Penuh sudah mengimplementasikan kurikulum
merdeka belajar hal ini terlihat dari guru dalam melaksanakan perencanaan
pembelajaran dengan mencantumkan Capaian Pembelajaran (CP), menyusun
Tujuan Pembelajaran (TP), dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). Dalam
pelaksanaan pembelajaran, guru telah melaksanakan diferensiasi pembelajaran
berdasarkan proses dan produk, tetapi guru masih kesulitan dalam pelaksanaan
pembelajaran berdasarkan proses dan guru masih kesulitan dalam mengatur waktu
pelaksanaan pembelajaran agar efektif. Sehingga pengimplementasiannya guru di
SMAN 4 Sungai Penuh sudah terimplementasi tetapi belum sempurna.
Koleksi
Subject
Files
SKRIPSI AMELIA AISYAH H.pdf
Downloaded 1 time
Karya Lainnya
Saat ini belum ada karya lain dari penulis yang sama.
Berdasar Subject
Berdasar Tags
Saat ini belum ada karya lainnya berdasar kategori ini.