AN ANALYSIS OF THE CONTENT VALIDITY OF ENGLISH ACHIEVEMENT TESTS BASED ON THE SYLLABUS FOR THE SEVEN GRADE OF JUNIOR HIGH SCHOOL 16 KERINCI ACADEMIC YEAR 2020/2021

Submitted by admin on Thu, 01/25/2024 - 10:05
Deskripsi/Abstract
Evaluasi memegang peranan penting dalam mengajar. Ini adalah bagian integral dari program instruksi. Melalui evaluasi, guru dapat mengetahui keefektifan atau kegagalan suatu metode serta prestasi siswa dalam menguasai pelajaran.Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan bukti empiris tes prestasi belajar bahasa Inggris pada validitas dan kesesuaian isi berdasarkan silabus yang dibuat oleh guru bahasa Inggris untuk kelas VII SMP Negeri 16 Kerinci untuk semester pertama dan semester kedua tahun ajaran 2020/2021 . Jumlah butir soal untuk semester pertama adalah 15 butir, yang terdiri dari 15 butir soal esai. Dan jumlah butir soal semester II adalah 30 butir, yang terdiri dari 25 butir soal pilihan ganda dan 5 butir soal esai. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dimana peneliti mengumpulkan data dengan cara menanyakan kertas ujian sumatif bahasa Inggris, dan silabus kepada pihak sekolah. Dan juga dalam penelitian ini peneliti menggunakan penilai yang terdiri dari 3 penilai untuk menganalisis validitas isi tes sumatif.Hasil penelitian membuktikan bahwa butir soal tes sumatif bahasa Inggris untuk kelas tujuh semester satu dan dua SMP 16 kerinci memiliki validitas isi sedang dan kesesuaian sedang berdasarkan silabus. Berdasarkan temuan tersebut, peneliti menyarankan agar guru bahasa Inggris menyusun tes yang baik secara sempurna dengan menulis tabel spesifikasi sebelum merancang tes sumatif bahasa Inggris, sehingga guru dapat mengenali materi dengan jelas berdasarkan indikator dan tema yang direkomendasikan dalam Silabus Bahasa Inggris terbaru.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi