Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Hots (Higher Order Thinking Skill) Pada Materi Ekosistem Siswa Kelas X Sma Negeri 4 Sungai Penuh

Submitted by admin on Mon, 01/22/2024 - 10:01
Deskripsi/Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan instrumen tes berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) pada materi ekosistem siswa kelas X dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan tahap pengembangan ADDIE yaitu, analisis (analyze), perancangan (desaign), pengembangan (development), implementasi (implement) dan evaluasi (evaluation). Instrumen penelitian adalah angket validasi instrumen tes HOTS yang divalidasi oleh validator ahli diperoleh rata-rata sebesar 0,8875 dengan persentase 88,75% dengan kategori sangat baik. Subjek ujicoba penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 4 Sungai Penuh yang berjumlah 60 orang, diperoleh reliabilitas 0,819 dengan kategori reliabel tinggi, tingkat kesukaran 0,30 dengan kategori sukar, 0,70, 0,67 dan 0,50 kategori sedang, daya pembeda 0,488, 0649 dan 0,685 dengan kategori baik dan 0,715 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan data di atas maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan instrumen tes berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) layak untuk digunakan.
Koleksi
Subject
QR code for this page URL
Waktu Publikasi