PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN SELF EFFICACY SISWA KELAS IX SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 8 SUNGAI PENUH

Submitted by admin on Fri, 01/19/2024 - 09:41
Deskripsi/Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya peserta didik yang mengalami masalah self efficacy yang rendah, hal ini ditandai dengan peserta didik masih kurang aktif berdiskusi di kelas, peserta didik masih ada yang mencontek ketika mengerjakan tugas yang di berikan guru, Peserta didik kurang percaya diri dengan kemampuan yang dimilikinya. Sehingga perlu dilakukan penelitian dengan judul pengaruh layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan self efficacy siswa kelas IX SMP Negeri 8 Sungai Penuh tahun ajaran 2022/2023. Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan self efficacy peserta didik. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan metode menggunakan design one group pretest – posttest. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 8 peserta didik dari kelas IX SMP Negeri 8 Sungai Penuh yang memiliki self efficacy dalam kategori rendah. Teknik modeling dalam bimbingan kelompok dilakukan sebanyak 6 kali. Subyek diobservasi dua kali (Pre-Test dan Post-Test). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, angket, dan observasi. Hasil rata-rata skor self efficacy sebelum mengikuti teknik modeling dalam bimbingan kelompok adalah 56,5 dan setelah mengikuti teknik modeling dalam bimbingan kelompok meningkat menjadi 95.
Koleksi
Subject
Files
QR code for this page URL
Waktu Publikasi